Share this post

Musim Hujan? Waspada Penyakit Ini Sering Menyerang Manusia – Beberapa hari belakang ini Indonesia mengalami musim penghujan, padahal BMKG memprediksi bulan april 2020 indonesia masuk musim kemarau. Cuaca terkadang bisa di prediksi terkadang tidak.

Sembari itu, masyarakat Indonesia ternyata telah menunggu kedatangan musim kemarau karena dianggap dapat memusnahkan virus corona atau covid-19 yang saat ini telah menjadi pandemi di wilayah Indonesia itu sendiri.

Tidak dapat dipungkiri ketika musim hujan terjadi maka berbagai macam penyakit mulai bermunculan. Hal inilah yang perlu kita waspadai ya sahabat satuters. Lalu penyakit apa sajakah itu? Berikut penjelasannya :

  1. Flu (Influenza)

Tahukah sahabat satuters, jika penyakit flu ini tidak mengenal musim. Baik musim kemarau atau hujan ia tetap datang. Sebab penyakit ini menyerang orang yang memiliki imun tubuh yang sedang lemah, makanya rentan terkena flu.

Penyakit ini disebabkan oleh virus influenza tipe A, B atau C. penyakit ini dapat menyebar dengan mudah ketika seseorang batuk, bersin dan menyetuh benda yang terkontaminasi. Walau flu pada umumnya dapat sembuh dengan sendiri namun sahabat satuters harus tetap waspada ya.

Sebab penyakit ini dapat menimbulkan komplikasi yang serius jika dibiarkan begitu saja seperti penyakit pneumonia.

  1. Diare

Penyakit ini ditandai dengan feses yang encer dan berair saat seseorang buang air besar dan lebih sering ke kamar mandi. Penyebab diare sendiri biasanya akibat rotavirus, shigella, E. coli, cryptosporidium, dan lain sebagainya. Penyakit diare ini dapat bertahap jika tidak di tangani dengan segera mulai dari kondisi yang ringan hingga berat, dengan kata lain dapat membahayakan nyawa seseorang lho.

  1. Tipes

Penyakit tipes atau istilah medisnya demam tifoid. Nah penyakit ini merupakan infeksi menular yang disebabkan oleh bakteri Salmonella thyphi atau Salmonella paratyphi. Bakteri ini menyebar lewat makanan atau minuman yang telah terkontaminasi.

Jika sahabat satuters tidak segera menanganinya dengan cepat maka dapat berakibat fatal lho yaitu mengalami komplikasi seperti penyakit pneumonia, pleuritis, miokarditis (peradangan otot jantung), gagal jantung akut, dan lebih mengerikan lagi menyebabkan kematian.

  1. Demam Berdarah

Bukan menjadi suatu rahasia umum lagi, jika di musim hujan saat ini demam berdarah menjadi sangat aktif. Penyakit satu ini tergolong berbahaya pasalnya ia menular melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes Albopictus.

Penyakit demam berdarah ini terkadang menyebabkan seseorang yang terjangkit mengalami nyeri pada  sendi dan otot dimana tulang tersebut seperti retak. Ternyata tidak hanya itu saja sahabat satuters, ketika seseorang telah mengalami fase yang sulit atau parah maka dapat menyebabkan pendarahan yang cukup serius lho, serta mengalami shock bahkan kematian.

  1. Malaria

Penyakit malaria merupakan penyakit yang disebabkan oleh nyamuk Anopheles. Nyamuk ini semakin meningkat jumlahnya ketika memasuki musim hujan bahkan setelah musim berlalu.

Ketika seseorang terkena gigitan nyamuk Anopheles ini, makan orang tersebut akan mengalami demam yang bekepanjangan dari 10 hingga 15 hari. Gejala awal akan muncul seperti sakit kepala dan tubuh menggigil.

Setelah sahabat satuters mengetahui tentang “Musim Hujan? Waspada Penyakit Ini Sering Menyerang Manusia“. Apakah keluarga sahabat satuters saat ini sudah terlindungi dengan asuransi?.Untuk informasi seputar asuransi bisa sahabat satuters ikuti informasi dari Agen Allianz Jakarta atau dengan langsung Agen Allianz di sekitar wilayah sahabat satuters.  HP/WA : 081212188110

Related Post

JUNE 2, 2020

Bagaimana Virus Corona Dapat...

Bagaimana Virus Corona Dapat Menyerang Orang Yang Sembuh? – Sudah lebih dari satu...

0

JUNE 1, 2020

Tentang Istilah New Normal...

Tentang Istilah New Normal Pasca Pandemi Corona – Saat ini kita sering mendengar...

0

MAY 27, 2020

Sering Mabuk Perjalanan?...

Sering Mabuk Perjalanan? Ternyata Ini Penyebabnya Dan Tips Pencegahannya –...

0

MAY 26, 2020

Menambah Berat Badan Dengan...

Menambah Berat Badan Dengan Mudah Dengan Tips Ini – Ketika sebagian orang berusaha...

0

MAY 25, 2020

Kunyit Putih, Inilah Segudang...

Kunyit Putih, Inilah Segudang Manfaat Jika Kamu Mengkonsumsinya – Apakah sahabat...

0

MAY 24, 2020

Atasi Stres Saat Dirumah Aja...

Atasi Stres Saat Dirumah Aja Karena Pandemi Virus Corona, Ini Tipsnya – Virus...

0
Call Now Button