Share this post

Nikmati Hidup Sehat dengan Mengurangi Resiko Penyakit Dini – Mengikuti tips hidup sehat juga berkembang menjadi sesuatu yang penting dilakukan. Pasalnya perubahan gaya hidup membuat beberapa penyakit kritis menyerang anak-anak muda di usia produktif.

Selain makan dan mengkonsumsi air, tidur adalah kebutuhan pokok manusia. Sebuah penelitian menemukan tidak tidur selama 11 hari bagi manusia dewasa bisa menyebabkan kematian. Satu hal yang berhubungan dengan tidur adalah rasa mengantuk.

Tapi tahukah Anda bahwa menurut tips hidup sehat terlalu sering mengantuk bisa menjadi tanda dari adanya gangguan kesehatan serius?

Anda pasti sering mengalami rasa mengantuk yang tertahankan di siang hari, misalnya saat berada di kantor. Selain mengganggu aktivitas, terlalu sering mengantuk perlu diwaspadai karena bisa menjadi tanda dari adanya penyakit serius.

Salah satu penyakit yang ditandai dengan rasa kantuk berlebih adalah diabetes. Rasa kantuk berlebih pada penyakit diabetes disebabkan kadar gula dalam darah yang terlalu tinggi. Solusinya adalah dengan mendapatkan suntikan insulin di waktu dan jumlah yang sudah ditetapkan dokter.

Jenis Penyakit Serius, Menyerang orang di Usia Produktif

Jika Anda merasa terlalu sering mengantuk sebaiknya Anda lekas mencari tahu penyebabnya. Dewasa ini ada banyak penyakit serius yang banyak menyerang orang-orang di usia produktif dan beberapa di antaranya ditandai dengan rasa kantuk berlebih.

1.  Penyakit Jantung

Sering mengantuk bisa jadi adalah tanda bahwa jantung sedang berada dalam kondisi yang kurang baik. Jika kerja jantung melemah, misalnya, asupan darah dan oksigen yang dialirkan ke otak jadi berkurang. Akibatnya Anda jadi cepat lelah dan sering merasa mengantuk.

Rasa sering mengantuk bisa pula menyerang jika ada penyumbatan di salah satu bilik jantung atau bagian lainnya. Cara mengetahui kondisi jantung tentu saja dengan melakukan pemeriksaan di dokter atau rumah sakit. Ketika melakukan pemeriksaan Anda bisa menyampaikan keluhan bahwa Anda sering merasakan kantuk yang amat sangat khususnya pada jam-jam produktif.

2. Kanker Otak

Kanker otak dan gangguan otak lainnya menjadi penyakit lain yang ditandai dengan sering merasa mengantuk. Gangguan pada organ vital tersebut memang membuat fungsinya jadi tak normal, rasa kantuk berlebih kemudian muncul sebagai akibatnya.

Salah satu gangguan fungsi otak yang menyebabkan rasa kantuk adalah menurunnya produksi hormon tiroid. Hormon tersebut adalah hormon yang bertanggung jawab mengontrol metabolisme dan produksi energy di dalam tubuh. Menurunnya jumlah hormon tersebut membuat tubuh jadi cepat merasa lelah dan mengantuk.

Selain rasa kantuk yang teramat sangat gangguan kesehatan pada otak biasanya ditandai dengan sakit kepala akut dan berbagai gejala lain. Mimisan hingga pingsan menjadi gejala lain yang kerap menyerang.

3. Stress

Stress tak banyak dibicarakan ketika tengah membahas soal tips hidup sehat dan penyakit kritis. Padahal kondisi mental yang satu ini perlu mendapat perhatian serius karena berpengaruh pada banyak aspek, termasuk menyebabkan rasa kantuk yang menghambat produktifitas.

Kesadaran masyarakat pada kesehatan mental memang masih harus terus ditumbuhkan. Masih banyak orang yang menganggap stress sebagai hal yang biasa dan tak perlu penanganan. Padahal jika ingin hidup sehat jiwa dan raga rasa stress harus dikendalikan, sebab jika tidak bisa turut memicu munculnya penyait fisik.

Tak hanya menyebabkan rasa kantuk berlebih di siang hari, pada malam hari stress justru kerap berubah jadi gangguan tidur. Kendalika stress setidaknya dengan menyediaka me-time atau mengikuti kelas meditasi.

Menjalankan Tips hidup sehat Sejak Dini untuk Mencegah Penyakit

Jika Anda ingin terhindari dari penyakit yang sudah disebutkan di atas juga penyakit-penyakit lainnya, ikutilah tips hidup sehat berikut ini:

1. Menjaga Asupan Makanan

Makanan 4 sehat 5 sempurna sebaiknya tidak hanya menjadi panduan makan sehat yang dipahami tanpa dipraktekkan. Mulailah mengkonsumsi makanan bergizi seimbang agar tubuh selalu sehat. Hindari makanan instan, berpengawet, dan jenis-jenis asupan tak sehat lainnya.

2. Isirahat yang Cukup

Tak ada yang salah dengan menjadi penggila kerja. Tapi jangan sampai Anda melupakan hak tubuh Anda untuk mendapatkan istirahat yang cukup. Pastikan Anda tidur minimal 8 jam sehar. Bukan hanya kuantitas, tidur yang dimaksud juga harus baik kualitasnya.

3. Olahraga Teratur

Jaga selalu kebugaran tubuh dengan rutin berolahraga. Sempatkanlah untuk berolahraga setiap pagi sebelum memulai aktifitas lain.

4. Kendalikan Stress

Stress yang berlebih tak baik bagi kesehatan fisik maupun mental. Oleh karena itu kendalikan stress Anda dengan memberikan diri waktu rehat yang baik. Sediakan pula waktu untuk me-time dan melakukan hobi sebagai sarana mengelola stress.

Tips hidup sehat di atas tidaklah sulit dilakukan selaa Anda benar-benar memiliki niat untuk hidup sehat. Jika mulai tergoda perilaku tak sehat, ingatkan diri Anda akan manfaat tips hidup sehat untuk menangkal penyakit-penyakit kritis. Selain itu, jangan lupa lindungi diri dengan asuransi penyakit kritis ya.

Setelah sahabat satuters mengetahui tentang “Nikmati Hidup Sehat dengan Mengurangi Resiko Penyakit Dini“. Apakah keluarga sahabat satuters saat ini sudah terlindungi dengan asuransi? Untuk informasi seputar asuransi bisa sahabat satuters ikuti informasi dari Agen Allianz Jakarta atau dengan langsung Agen Allianz di sekitar wilayah sahabat satuters.  HP/WA : 081212188110.

Related Post

NOVEMBER 11, 2019

Sering Sakit Punggung? Segera...

Sering Sakit Punggung? Segera Lakukan Cara Sederhana Ini – Apakah Anda pernah...

0

NOVEMBER 10, 2019

Cara Menentukan Skala...

Cara Menentukan Skala Prioritas Perencanaan Keuangan Dengan Baik – Pernahkah Anda...

0

NOVEMBER 9, 2019

Umur Semakin Bertambah Namun...

Umur Semakin Bertambah Namun Uang Masih Pas-pasan – Mengatur keuangan adalah hal...

0

NOVEMBER 8, 2019

Mengenal Problematika...

Mengenal Problematika Kemapanan, Kamu Wajib Tahu! – Umumnya orang berpikir bahwa...

0

NOVEMBER 7, 2019

Polis Asuransi Ada Tapi Lupa...

Polis Asuransi Ada Tapi Lupa Manfaatnya, Ini Yang Harus Di Lakukan – Bagi sebagian...

0

NOVEMBER 6, 2019

Dana Darurat Telah Habis? Apa...

Dana Darurat Telah Habis? Apa Yang Harus Di Lakukan? – Akhirnya Anda menggunakan...

0
Call Now Button