Categories
Berita Terbaru Info Asuransi Kesehatan Tips Asuransi

Pandangan Salah Tentang Asuransi, Justru Membahayakan Keuangan

Pandangan Salah Tentang Asuransi, Justru Membahayakan Keuangan – Apakah sahabat satuters sudah memiliki asuransi? Baik pribadi maupun keluarga? Jika sahabat satuters telah memilikinya maka bersyukurlah, sebab saat ini masih banyak masyarakat indonesia yang belum menyadari akan pentingnya asuransi. Memang harus di akui, sebagian masyarakat Indonesia menganggap asuransi adalah suatu hal yang asing dan tidak terlalu di kenal dan penting.

Menurut OJK ada beberapa faktor penyebab mengapa kesadaran berasuransi masyarakat di Indonesia masih tergolong rendah, yaitu

  1. Pendapatan per kapita masyarakat masih rendah sehingga kebutuhan asuransi belum di lihat sebagai kebutuhan pokok.
  2. Kurangnya edukasi dan sosialisasi terhadap masyarakat
  3. Tingkat pendidikan masyarakat juga masih tergolong rendah

Tahukah sahabat satuters bahwa sebenarnya asuransi bisa menjadi sangat ampuh dalam mengelola keuangan yang sehat loh. Namun entah mengapa masih banyak orang Indonesia yang tidak tergerak untuk ikut berasuransi. Selain beberapa faktor yang telah di jelaskan di atas, penyebab lain adalah masyarakat masih memiliki pandangan keliru mengenai asuransi. Kira-kira apa saja pandangan salah tersebut? Berikut ulasannya :

  1. Membuang uang

Masih ada sebagian besar masyarakat yang beranggapan bahwa jika membeli produk asuransi sama halnya seperti membuang uang. Pandangan ini kurang lah tepat. Padahal jika sahabat satuters membeli asuransi berarti sahabat satuters secara tidak langsung telah mengalihkan risiko keuangan untuk di tanggung oleh perusahaan asuransi.

Risiko keuangan tersebut ada beragam seperti meninggal dunia, sakit, kecelakaan, belum lagi asuransi kerugian seperti asuransi rumah, mobil dan lain-lain.

  1. Dianggap investasi

Kesalahan selanjutnya adalah menganggap bahwa asuransi dijadikan sebagai investasi yang akan memberikan keuntungan seperti investasi. Padahal asuransi bukanlah sebuah investasi, justru ia termasuk dalam kategori biaya. Benar, jika asuransi dapat mengalihkan risiko keuangan sahabat satuters kepada perusahaan asuransi, tapi bukan berarti sahabat satuters akan mendapatkan keuntungan sebagaimana keuntungan dalam memutar uang di produk asuransi. Pandangan yang salah ini juga yang mengakibatkan orang salah dalam membeli asuransi karena tujuannya tersebut.

  1. Salah memilih prioritas asuransi

Tahukah sahabat satuters bahwa semua yang bernilai ekonomis membutuhkan asuransi. Namun, jika sahabat satuters memiliki dana terbatas maka sebaiknya pilihlah yang menjadi prioritas saja.  Sahabat satuters bisa mengalokasikan dana miniamal 10% dari penghasilan bulanan atau tahunan untuk kebutuhan asuransi tersebut. Dengan berasuransi, sahabat satuters akan merasakan manfaatnya di masa depan dan pilihlah asuransi yang berdampak besar pada keuangan sahabat satuters, misalnya asuransi jiwa, asuransi kesehatan atau asuransi atas kehilangan harta benda.

Setelah sahabat satuters mengetahui tentang “Pandangan Salah Tentang Asuransi, Justru Membahayakan Keuangan”, Apakah keluarga sahabat satuters saat ini sudah terlindungi dengan asuransi? Sudah cukupkah perlindungannya?

Untuk informasi seputar asuransi bisa sahabat satuters ikuti informasi dari Agen Allianz Jakarta atau dengan langsung Agen Allianz di sekitar wilayah sahabat satuters.  HP/WA : 081212188110