Share this post

Pengangkatan Satu Ginjal Akibat Menderita Penyakit / Kecelakaan – Ginjal merupakan salah satu organ vital yang dimiliki manusia. Ginjal berfungsi untuk memfilter darah sehingga darah yang diedarkan ke seluruh tubuh adalah darah yang bersih.

Manusia normal memiliki dua ginjal di tubuhnya. Namun, beberapa orang hanya memiliki 1 ginjal karena alasan tertentu. Bisa jadi karena alasan kesehatan (terkena penyakit ginjal dan harus diangkat) atau karena kecelakaan.

Penyakit ginjal merupakan kondisi yang berbahaya yang mana jika tidak ditangani dengan cepat dan tepat maka ginjal bisa berhenti berfungsi. Jika ginjal berhenti berfungsi, maka dapat menyebabkan kematian.

Berikut ini adalah beberapa kelainan ginjal yang mungkin saja terjadi pada setiap orang, diantaranya :

1. Uremia

Uremia adalah kelainan pada ginjal yang diakibatkan oleh timbunan urea di dalam darah. Jenis penyakit ini diakibatkan oleh gagal ginjal yang membuat area tidak dapat dikeluarkan oleh tubuh sehingga terjadinya penumpukan di dalam darah.

2. Batu ginjal

Batu ginjal adalah penyakit yang ditandai dengan adanya endapan garam kalsium dalam ginjal sehingga menghambat keluarnya urin dan menimbulkan rasa nyeri.

3. Radang Ginjal (Nefritis)

Radang ginjal terjadi akibat kerusakan pada nefron, khususnya glomerulus yang di sebabkan oleh infeksi bakteri. Rusaknya nefron ini mengakibatkan urine masuk kembali ke dalam darah dan penyerapan air menjadi terganggu sehingga menyebabkan pembengkakan di daerah kakiakibat penimbunan urea. Penyakit ini dapat diatasi dengan melakukan cangkok ginjal dan cuci darah sampai mendapatkan donor ginjal.

4. Penyakit ginjal kronis

Penyakit ginjal kronis atau gagal ginjal kronis adalah suatu penurunan fungus ginjal yang menetap selama 3 bulan. Kondisi ini ditandai beberapa gejala, seperti sesak napas, mual, dan kelelahan. Namun kondisi ini tidak dirasakan oleh pasien bila masih stadium 1-3. Oleh karena itu, banyak orang tidak menyadari sedang mengalami kondisi ini hingga mencapai stadium lanjutan.

Kondisi ini dapat menyebabkan tertumpuknya garam dan zat kimia lainnya di dalam tubuh dan mempengaruhi fungsi organ tubuh lainnnya.

5. Gagal ginjal

Adalah suatu kondisi dimana ginjal tidak dapat berfungsi lagi sebagai organ ekresi. Kegagalan ginjal yang akut dapat menyebabkan perdarahan dan fungsi jantung terhenti secara tiba tiba. Untuk menggantikan fungsi dari ginjal, pasien hanya mempunyai dua alternatif yaitu melalui pencangkokan ginjal atau cuci darah (dialisis).

Asuransi Penyakit Kritis Flexi CI, Plan Platinum (Early CI = 30 Kondisi) – Dalam hal ini Allianz memiliki kriteria tersendiri dalam Mengklaim Penyakit Kritis Yaitu Pengangkatan satu ginjal.

Pengangkatan Satu Ginjal

“Pembedahan untuk mengangkat satu ginjal secara komplit karena penyakit atau kecelakaan.  Kebutuhan untuk pengangkatan ginjal harus dinyatakan oleh dokter spesialis ginjal sebagai tindakan yang harus dilakukan. Donor ginjal dikecualikan.”

Untuk informasi lebih lanjut tentang gejala penyakit kritis lainnya bisa sahabat satuters ikuti informasi dari Agen Allianz Jakarta atau dengan langsung menghubungi Agen Allianz di sekitar wilayah sahabat satuters. HP/WA : 081212188110.

Related Post

MAY 13, 2019

Penyakit Anemia Aplastik,...

Penyakit Anemia Aplastik, Menjadi Penyakit Yang Menakutkan di Dunia – Anemia...

0

MAY 12, 2019

Sistem Kekebalan Tubuh Yang...

Sistem Kekebalan Tubuh Yang Menyerang Hati, Hepatitis Autoimun Kronis Tahap Awal –...

0

MAY 11, 2019

Peradangan Pada Struktur...

Peradangan Pada Struktur Ginjal Akibat Penyakit Glomerulonefritis Kronis-...

0

MAY 10, 2019

Peradangan Kronis Pada Usus...

Peradangan Kronis Pada Usus Besar (Kolitis Ulseratif) – Kolitis Ulseratif adalah...

0

MAY 9, 2019

Peradangan Pada Usus (Crohn...

Peradangan Pada Usus (Crohn Kronis), Salah Satu Penyakit Langka – Penyakit Crohn...

0

MAY 8, 2019

Penyakit Langka Menyerang...

Penyakit Langka Menyerang Saraf Motoris (Bulbar Palsy Progressive) – Bulbar Palsy...

0