Share this post

Pengertian Penyakit Ginjal Kronis Serta Penyebabnya – Ginjal berperan penting untuk menyaring darah dalam rangka membuang produk sisa dan kelebihan cairan dari tubuh melalui air seni. Ketika ginjal tidak bekerja dengan baik maka sampah hasil sisa metabolisme akan menumpuk di dalam darah dan dapat menurunkan kesehatan tubuh.

Penyakit ginjal kronik bisa datang tiba – tiba, karena gejala sebelumnya tidak teras. Namun bisa juga terjadi dikit demi sedikit dalam beberapa tahun sebagai akibat dari kerusakan ginjal.

Tiap ginjal terdiri dari jutaan sel – sel penyaring berukuran kecil yang disebut dengan nefron. Jika nefron rusak maka sel – sel ini akan berhenti bekerja. Sebagai gantinya, nefron sehat bisa mengambil alih kerjanya sehingga beban kerja nefron sehat menjadi lebih berat.

Jika kerusakan berlanjut maka akan semakin banyak nefron yang mengalami kerusakan. Hingga pada titik tertentu, nefron sehat yang tersisa tidak bisa menyaring darah dengan baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Penyakit ginjal kronis atau gagal ginjal kronis adalah suatu penurunan fungsi ginjal yang menetap selama 3 bulan. Kondisi ini ditandai beberapa gejala, seperti sesak napas, mual, dan kelelahan.

Namun kondisi ini tidak dirasakan oleh pasien bila masih stadium 1-3. Oleh karena itu, banyak orang tidak menyadari sedang mengalami kondisi ini hingga mencapai stadium lanjutan.

Kondisi ini dapat menyebabkan tertumpuknya garam dan zat kimia lainnya di dalam tubuh dan mempengaruhi fungsi organ tubuh lainnnya.

Baca juga : Ingin Ginjal Tetap Sehat? Tinggalkan Kebiasaan Ini

Siapa yang lebih rentan terhadap penyakit Ginjal Kronis?

Pasien yang menderita penyakit-penyakit berikut ini lebih rentan terhadap penyakit ginjal kronis:

  • Diabetes Melitus (Kencing Manis)
  • Glomerulonefritis (suatu kondisi di mana struktur kecil di dalam ginjal, yang dikenal sebagai glomeruli, meradang), termasuk lupus nefritis (radang ginjal yang disebabkan oleh Lupus Eritematosus Sistemik ((SLE – Systemic Lupus Erythematosus), penyakit dari sistem kekebalan tubuh)
  • Hipertensi (Tekanan Darah Tinggi)
  • Riwayat penyakit ginjal pada keluarga (penyakit ginjal herediter)

Asuransi Penyakit Kritis Flexi CI, Plan Platinum (Early CI = 30 Kondisi) – Dalam hal ini Allianz memiliki kriteria tersendiri dalam Mengklaim Penyakit Kritis Yaitu Penyakit Ginjal Kronis.

Penyakit Ginjal Kronis

Penyakit ginjal kronis harus dinyatakan oleh dokter spesialis ginjal dimana fungsi ginjal sudah terganggu secara permanen. Hasil pemeriksaan laboratorium harus menunjukkan bahwa fungsi ginjal menurun secara drastis dengan eGFR kurang dari 15ml/menit/1,73m2 luas permukaan “tubuh, yang terjadi selama minimal 6 (enam) bulan.”

Untuk informasi lebih lanjut tentang gejala penyakit kritis lainnya bisa sahabat satuters ikuti informasi dari Agen Allianz Jakarta atau dengan langsung menghubungi Agen Allianz di sekitar wilayah sahabat satuters. HP/WA : 081212188110.

Related Post

MAY 13, 2019

Penyakit Anemia Aplastik,...

Penyakit Anemia Aplastik, Menjadi Penyakit Yang Menakutkan di Dunia – Anemia...

0

MAY 12, 2019

Sistem Kekebalan Tubuh Yang...

Sistem Kekebalan Tubuh Yang Menyerang Hati, Hepatitis Autoimun Kronis Tahap Awal –...

0

MAY 11, 2019

Peradangan Pada Struktur...

Peradangan Pada Struktur Ginjal Akibat Penyakit Glomerulonefritis Kronis-...

0

MAY 10, 2019

Peradangan Kronis Pada Usus...

Peradangan Kronis Pada Usus Besar (Kolitis Ulseratif) – Kolitis Ulseratif adalah...

0

MAY 9, 2019

Peradangan Pada Usus (Crohn...

Peradangan Pada Usus (Crohn Kronis), Salah Satu Penyakit Langka – Penyakit Crohn...

0

MAY 8, 2019

Penyakit Langka Menyerang...

Penyakit Langka Menyerang Saraf Motoris (Bulbar Palsy Progressive) – Bulbar Palsy...

0