Categories
Kesehatan Makanan dan Gaya Hidup

Penyakit Ambeien Kenali Jenis dan Cara Pencegahannya

Penyakit Ambeien Kenali Jenis dan Cara Pencegahannya – Sahabat satuters. Apakah Anda pernah atau sedang mengalami ambeien? Penyakit yang umum dikenal dengan nama wasir (atau hemorrhoid dalam Bahasa Inggris) ini cukup umum diderita di masyarakat kita. Wasir dapat menyebabkan rasa tidak nyaman pada bagian bawah tubuh.

Pada umumnya, penyakit ambeien dapat disembuhkan dengan minum obat wasir generik yang dijual bebas. Pada kasus yang lebih parah, Anda perlu melakukan konsultasi dengan dokter untuk dicek apakah perlu melakukan operasi pengangkatan wasir atau cukup minum obat yang diresepkan.

Berikut ini merupakan beberapa jenis penyakit ambeien yang perlu Anda ketahui.

1. Ambeien Internal

Jenis penyakit ambeien yang satu ini merupakan bentuk wasir yang paling ringan dan mudah disembuhkan. Benjolan terbentuk di dalam rektum dan biasanya tidak menyebabkan sakit, namun dapat mengakibatkan pendarahan saat buang air besar. Terkadang benjolan dapat keluar dari anus namun dapat kembali didorong masuk.

2. Ambeien Prolapse

Apabila benjolan wasir telah keluar dari anus dan tidak dapat didorong masuk, maka ambeien tersebut merupakan ambeien prolapse. Pada tahap ini, benjolan dapat menyebabkan rasa perih dan susah buang air besar. Bila semakin parah, maka benjolan perlu dioperasi untuk diangkat.

3. Ambeien Eksternal

Berbeda dengan penyakit ambeien lain, wasir ini terbentuk di bawah permukaan kulit di sekitar daerah anus. Biasanya ambeien jenis ini tidak mudah terlihat, namun dapat meninggalkan bekas luka yang membuat kotoran mudah tersangkut jika tidak dibersihkan dengan baik. Bila dibiarkan dapat memicu terjadinya infeksi kulit.

 

Cara Mencegah Ambeien

Penyakit ambeien dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, apalagi jika Anda sering terkena penyakit ini. Penyebab ambeien yang paling umum adalah kurangnya cairan dalam tubuh. Untuk menghindari hal tersebut maupun terjadinya pembengkakan di daerah anus, Anda dapat melakukan beberapa tips di bawah ini:

  • Jangan menunda buang air besar. Sering menunda dapat mengakibatkan tinja menjadi keras dan berpotensi melukai lubang anus setiap melakukan pembuangan
  • Cukupi kebutuhan air mineral sehari-hari, yaitu sekitar delapan gelas atau dua liter per hari
  • Konsumsi makanan yang mengandung banyak serat, seperti sayur hijau dan buah-buahan
  • Jangan duduk diam terlalu lama, karena dapat meningkatkan tekanan pada pembuluh darah di anus.
  • Hindari mengejan berlebihan saat buang air besar karena memberikan tekanan yang besar pada pembuluh darah di daerah anus.

Setelah sahabat satuters mengetahui tentang “Penyakit Ambeien Kenali Jenis dan Cara Pencegahannya“. Apakah keluarga sahabat satuters saat ini sudah terlindungi dengan asuransi? Untuk informasi seputar asuransi bisa sahabat satuters ikuti informasi dari Agen Allianz Jakarta atau dengan langsung Agen Allianz di sekitar wilayah sahabat satuters.  HP/WA : 081212188110