Share this post

Penyakit Anemia Aplastik, Menjadi Penyakit Yang Menakutkan di Dunia – Anemia aplastik adalah kegagalan sumsum tulang baik secara fisiologis maupun anatomis. Penyakit ini ditandai oleh penurunan atau tidak ada faktor pembentuk sel darah dalam sumsum tulang, pansitopenia darah perifer, tanpa disertai hepatosplenomegali atau limfadenopati.

Penanganan anemia aplastik masih merupakan masalah yang penting karena patofisiologi penyakit ini masih belum pasti.

Penyakit anemia aplastik pertama kali di deskripsikan oleh Ehrlich tahun 1888, sampai sekarang penyakit ini mempunyai reputasi yang rnenakutkan. Banyak pasien anemia aplastik meninggal karena proses penyakitnya yang progresif.

Dasar penyakit ini adalah kegagalan sumsum tulang dalam memproduksi sel-sel hematopoetik dan limfopoetik, yang mengakibatkan tidak ada atau berkurangnya sel-sel darah di darah tepi, keadaan ini disebut sebagai pansitopenia.

Pada tujuh puluh persen kasus penyebab anemia aplastik didapat tidak dapat diterangkan, sedangkan sisanya diduga akibat radiasi, bahan kimia termasuk obat-obatan, infeksi virus, dan lain-lain.5 Gejala-gejala yang timbul pada pasien anemia aplastik merupakan gejala pansitopenia seperti pucat, perdarahan, dan infeksi. Etiologi penyakit ini kebanyakan tidak diketahui maka tata laksananya juga belum optimal dan seringkali menimbulkan masalah-masalah baru pada pasien, bukan hanya memperburuk kondisi pasien atau bahkan dapat mengancam jiwa pasien.

Insiden Anemia Aplastik

Anemia aplastik merupakan penyakit yang jarang ditemukan di dunia. Angka kejadian di Asia termasuk Cina, Jepang, Thailand dan India lebih tinggi dibandingkan dengan Eropa dan Amenika Serikat. 6 Insidens penyakit ini bervariasi antara 2 sampai 6 kasus tiap 1 juta populasi.1 Penelitian yang dilakukan The International Aplastic Anemia and Agranulocytosis Study Sari Pediatri, Vol. 7, No. 1, Juni 2005.

Asuransi Penyakit Kritis Flexi CI, Plan Platinum (Early CI = 30 Kondisi) – Dalam hal ini Allianz memiliki kriteria tersendiri dalam Mengklaim Penyakit Kritis Yaitu Anemia Aplastik yang dapat dipulihkan.

Anemia Aplastik yang dapat dipulihkan

Kegagalan sumsum tulang akut yang masih dapat dipulihkan yang menyebabkan anemia, netropenia dan trombositopenia. Diagnosis harus dibuat berdasarkan biopsi sumsum tulang. Dua dari tiga syarat berikut harus dipenuhi:

  • Jumlah neutropil absolut sebanyak 500 per milimeter kubik atau kurang;
  • Jumlah retikulosit absolut 20.000 per milimeter kubik atau kurang, dan
  • Jumlah platelet absolut 20.000 per milimeter kubik atau kurang.

Untuk informasi lebih lanjut tentang gejala penyakit kritis lainnya bisa sahabat satuters ikuti informasi dari Agen Allianz Jakarta atau dengan langsung menghubungi Agen Allianz di sekitar wilayah sahabat satuters. HP/WA : 081212188110.

Related Post

MAY 12, 2019

Sistem Kekebalan Tubuh Yang...

Sistem Kekebalan Tubuh Yang Menyerang Hati, Hepatitis Autoimun Kronis Tahap Awal –...

0

MAY 11, 2019

Peradangan Pada Struktur...

Peradangan Pada Struktur Ginjal Akibat Penyakit Glomerulonefritis Kronis-...

0

MAY 10, 2019

Peradangan Kronis Pada Usus...

Peradangan Kronis Pada Usus Besar (Kolitis Ulseratif) – Kolitis Ulseratif adalah...

0

MAY 9, 2019

Peradangan Pada Usus (Crohn...

Peradangan Pada Usus (Crohn Kronis), Salah Satu Penyakit Langka – Penyakit Crohn...

0

MAY 8, 2019

Penyakit Langka Menyerang...

Penyakit Langka Menyerang Saraf Motoris (Bulbar Palsy Progressive) – Bulbar Palsy...

0

MAY 7, 2019

Tindakan Transplantasi...

Tindakan Transplantasi Kornea, Akibat Jaringan Parut Pada Mata – Mata Anda memiliki...

0