Categories
Berita Terbaru Kesehatan

Penyakit Bell’s Palsy, Wajah Sebelah Tampak Melorot

Penyakit Bell’s Palsy, Wajah Sebelah Tampak Melorot – Pernahkah sahabat satuters mendengar penyakit yang bernama Bells palsy? Ya nama penyakit ini memang tidak begitu familiar di kalangan masyarakat, karena memang penyakit ini jarang terjadi.

Namun bila di lihat sekilas memang seperti penyakit stroke karena gejalanya seperti kelumpuhan, dan ternyata tidak demikian. Pada umumnya gejala yang ditimbulkan Bell’s palsy hanya pada area otot wajah saja dan sebagian besar penderita sembuh dalam kurun waktu 6 bulan.

Pengertian Bell’s Palsy

Penyakit bell’s palsy adalah sebuah kondisi melemahnya salah satu saraf pada sisi otot wajah yang sifatnya sementara. Jadi sisi wajah yang terkena bell’s palsy akan terlihat seperti melorot. Akibatnya hanya salah satu sisi wajah penderita saja yang dapat tersenyum, dan hanya satu mata saja yang dapat menutup dengan sempurna.

Gejala Bell’s Palsy

Gejala awal Bell’s Palsy beragam, antara lain :

  1. Nyeri telinga pada sisi wajah yang lumpuh.
  2. Telinga yang terpengaruh akan lebih sensitif terhadap suara.
  3. Berdenging di salah satu telinga atau keduanya.
  4. Penurunan atau perubahan pada indra perasa.
  5. Bagian mulut yang terpengaruh akan mudah berliur.
  6. Mulut terasa kering.
  7. Rasa sakit pada sekitar rahang.
  8. Sakit kepala dan pusing.
  9. Kesulitan untuk makan, minum, dan berbicara.

Faktor Risiko Bell’s Palsy

Faktor risiko Bell’s Palsy sudah ditetapkan. Ditemukan adanya kaitan antara migrain dengan kelemahan pada wajah dan anggota gerak. Sebuah penelitian yang dilakukan pada 2015 mengungkapkan bahwa orang yang mengidap migrain mungkin berisiko lebih tinggi terkena Bell’s Palsy.

Selain itu, Bell’s Palsy lebih sering terjadi pada:

  • Orang berusia 15-60 tahun.
  • Mereka yang mengidap diabetes atau penyakit pernapasan bagian atas.
  • Wanita hamil, terutama pada trimester ketiga.

Penyababnya

Hingga kini, penyebab penyakit Bell’s Palsy ini masih dalam penelitian. Beberapa literature menyebutkan penyakit ini disebabkan karena berbagai bentuk virus. Hal lain yang diduga kuat adalah factor genetic yaitu riwayat keluarga yang pernah mengalami Bell’s Palsy. Dari beberapa penderita menunjukkan Bell’s Palsy erat hubungannya dengan suhu dan udara dingin.

Setelah sahabat satuters mengetahui tentang “Penyakit Bell’s Palsy, Wajah Sebelah Tampak Melorot. Pastikan sahabat satuters saat ini sudah terlindungi dengan asuransi yang layak .Untuk informasi seputar asuransi bisa di akses dari Agen Allianz Jakarta atau dengan langsung Agen Allianz di sekitar wilayah sahabat Satuters.  HP/WA : 08121218811