Share this post

Penyakit Cacar Monyet (Monkeypox), Ini Ciri-Cirinya – Saat ini dunia termasuk Indonesia sedang dihebohkan dengan penyakit cacar monyet yang berasal dari Singapura. Pemerintah indonesia tengah mengantisipasi penularan virus cacar monyet, setelah otoritas Singapura mengumumkan penemuan penyakit itu di negara tersebut.

Apa itu penyakit cacar monyet?

Nah, Masuknya virus cacar monyet atau menkeypox ini ke Singapura berasal dari warga negara Nigeria, berusia 38 tahun, yang tiba di Negeri Singa pada 28 April lalu. Lalu apa sebenarnya penyakit cacar monyet ini?

Cacar monyet (Monkeypox) adalah penyakit yang disebabkan virus yang ditularkan ke manusia dari hewan. Penyakit ini dapat ditularkan melalui kontak dengan darah, cairan tubuh, atau bekas luka dari hewan yang terinfeksi.

Baca juga : Hilangnya Kemampuan Berbicara Karena Penyakit Neurologis

Wabah cacar monyet sering terjadi terutama di bagian terpencil Afrika tengah dan barat, daerah dekat hutan hujan tropis. Virus monkeypox sendiri mirip dengan virus pada cacar manusia. Meskipun penyakit monkeypox ini jauh lebih ringan daripada cacar, tetapi tetap berbahaya.

Gejala Yang Muncul

Ciri-ciri cacar monyet yang muncul pada seseorang bisa terjadi antara 5-21 Hari. Namun sebagian besar masa inkubasi atau waktu dari infeksi menuju gejala terjadi antara 7-14 hari.

Ketika seseorang menderita penyakit ini, ciri-ciri yang bisa dikenali adalah munculnya:

– Demam
– Sakit kepala
– Nyeri otot
– Sakit Punggung
– Kelenjar Getah benin yang Membengkak
– Meriang
– Kelelahan

Tahukah sahabat satuters, jika seseorang terkena cacar monyet, maka secara fisik biasanya terlihat antara satu hingga tiga hari. Setelah munculnya demam, pasien bakal mengalami ruam-ruam di sekujur tubuh.

Ruam pada kulit ini biasanya dimulai dari wajah baru kemudian menyebar ke bagian lain tubuh. Lesi ini kemudian berkembang dari maculopapules (lesi dengan bentuk rata) menjadi vesicles (benjolah kecil padat), bintik-bintik, hingga menjadi lapisan kulit kering.

Baca juga  : Kehilangan Kemampuan Melihat pada Satu Mata Akibat Penyakit Ini

Untuk informasi seputar asuransi bisa sahabat satuters ikuti informasi dari Agen Allianz Jakarta atau dengan langsung Agen Allianz di sekitar wilayah sahabat satuters.  HP/WA : 081212188110.