Share this post

Penyakit Kronis Artritis Sistemik Pada Anak (Penyakit Still) – Artritis Sistemik adalah penyakit kronis dan berlangsung selama beberapa bulan atau tahun, namun sekitar 75 persen anak bisa pulih dari penyakit ini. Tidak ada pengobatan untuk penyakit ini, tapi deteksi dini, obat-obatan yang lebih manjur, dan perawatan yang baik mampu meningkatkan kesempatan hidup aktif secara drastis.

Penyakit ini dapat mempersulit anak untuk melakukan aktivitas sehari-hari seperti menulis, berpakaian, dan membawa barang (tangan, pergelangan tangan), berjalan, bermain, dan berdiri (pinggul, lutut, kaki). dan memutar kepala (leher).

Seberapa penyakit Artritis Sistemik Kronis ini?

Arthritis Sistemik kronis adalah penyakit yang umumnya menyerang anak di bawah usia 17 tahun. Penyakit itu dapat diatasi dengan mengurangi faktor risiko.

Tanda-tanda & gejala

Gejala paling khas dari juvenile rheumatoid arthritis adalah nyeri dan kaku pada sendi yang. Biasanya rasa nyeri memburuk pada pagi hari namun membaik pada penghujung hari. Anak Anda mungkin memegang otot yang sakit dekat dengan tubuh atau membungkuk.

Berdasarkan gejalanya, JRA dibedakan menjadi tiga jenis. Tiga jenis juvenile rheumatoid arthritis adalah pauciarticular, polyarticular, dan sistemik.

  • JRA pauciarticular hanya memengaruhi beberapa sendi (biasanya kurang dari empat sendi, seperti lutut, siku, dan pergelangan kaki) dan muncul pada 50 persen anak dengan penyakit ini. JRA jenis ini juga lebih sering pada anak perempuan. Penyakit mata (radang, atau bengkak) juga bisa ikut muncul akibat penyakit ini.
  • JRA polyarticular memengaruhi banyak sendi dan muncul pada sekitar 30 persen anak dengan JRA, lebih umum pada anak perempuan. Leher, lutut, pergelangan kaki, kaki, pergelangan tangan, dan tangan menjadi lokasi nyeri. Anak dengan tipe ini mungkin juga mengalami radang mata.
  • JRA sistemik terjadi pada kurang lebih 20 persen anak dengan JRA, anak laki-laki dan anak perempuan seimbang. JRA sistemik sering berawal dari demam, ruam, perubahan pada sel darah, dan nyeri sendi.

Beberapa gejala atau tanda lainnya mungkin tidak tercantum di atas. Jika Anda merasa cemas tentang gejala tersebut, segera konsultasi ke dokter Anda.

Penyebab

Juvenile rheumatoid arthritis adalah penyakit autoimun namun penyebabnya tidak diketahui. Autoimun berarti sistem kekebalan tubuh menyerang jaringan sendiri. Faktor genetik dan lingkungan mungkin meningkatkan peluang terkena JRA.

Penyakit ini tidak dapat menular dari orang lain dan penyakit dapat diobati, sehingga anak-anak dengan penyakit ini dapat memiliki kehidupan yang normal kembali.

Faktor-faktor risiko

  • Bawaan
  • Jenis kelamin. Anak perempuan lebih berisiko dibandingkan anak laki-laki

Asuransi Penyakit Kritis Flexi CI – Dalam hal ini Allianz memiliki kriteria tersendiri dalam mengklaim penyakit kritis yaitu Artritis Sistemik Kronis Pada Anak (Penyakit Still).

Artritis Sistemik Kronis Pada Anak (Penyakit Still) (Kondisi pada anak sampai dengan usia 18 tahun)

“Artristis kronis anak-anak yang memiliki ciri-ciri demam tinggi dan tanda-tanda penyakit sistemik yang dapat berlangsung selama berbulan-bulan sebelum serangan artristis. Kondisi tersebut harus memiliki ciri-ciri manifestasi cardinal yang meliputi demam harian dan berpuncak tinggi  (high-spiking), ruam yang cepat hilang, Artristis, Splenomegali Limfadenopati Serositis, penurunan berat badan, Leukositosis Neutrofilia, naiknya protein fase akut dan Seronegatif tes untuk Antibodi Antinuklear (ANA)  dan Faktor Reumatoid (RF).

Klaim untuk manfaat ini hanya dapat dilakukan apabila ada diagnosis yang ditegakkan oleh dokter spesialis Reumatologi Pediatrik dan kondisi tersebut harus didokumentasikan setidaknya selama 6 (enam) bulan, dengan deformitas klinis maksimal pada setidaknya tiga atau  lebih bagian sendi berikut :

  • Tangan
  • Pergelangan Tangan
  • Siku
  • Lutut
  • Pinggul
  • Pergelangan Kaki
  • Tulang Belakang Serviks
  • Sendi Interphangeal Kaki

Klik disini untuk melihat list Kondisi Penyakit Kritis Flexi CI (Rider) Plan Silver Allianz.

Untuk informasi lebih lanjut tentang gejala penyakit kritis lainnya bisa sahabat satuters ikuti informasi dari Agen Allianz Jakarta atau dengan langsung menghubungi Agen Allianz di sekitar wilayah sahabat satuters. HP/WA : 081212188110.

Related Post

MAY 13, 2019

Penyakit Anemia Aplastik,...

Penyakit Anemia Aplastik, Menjadi Penyakit Yang Menakutkan di Dunia – Anemia...

0

MAY 12, 2019

Sistem Kekebalan Tubuh Yang...

Sistem Kekebalan Tubuh Yang Menyerang Hati, Hepatitis Autoimun Kronis Tahap Awal –...

0

MAY 11, 2019

Peradangan Pada Struktur...

Peradangan Pada Struktur Ginjal Akibat Penyakit Glomerulonefritis Kronis-...

0

MAY 10, 2019

Peradangan Kronis Pada Usus...

Peradangan Kronis Pada Usus Besar (Kolitis Ulseratif) – Kolitis Ulseratif adalah...

0

MAY 9, 2019

Peradangan Pada Usus (Crohn...

Peradangan Pada Usus (Crohn Kronis), Salah Satu Penyakit Langka – Penyakit Crohn...

0

MAY 8, 2019

Penyakit Langka Menyerang...

Penyakit Langka Menyerang Saraf Motoris (Bulbar Palsy Progressive) – Bulbar Palsy...

0