Share this post

Penyakit Langka di Dunia (Wilson), Menyerang Hati dan Otak Manusia – Penyakit Wilson adalah penyakit turunan yang menyebabkan penumpukan tembaga dalam jaringan-jaringan tubuh, seperti hati,otak, serta kornea mata. Penyakit yang juga dikenal sebagai degenerasi hepatolentikularini terjadi pada satu di antara 30.000 hingga 40.000 orang di seluruh dunia, sehingga dapat dikategorikan sebagai penyakit langka.

Tembaga memainkan peranan penting pada perkembangan kesehatan saraf, tulang, kolagen, dan pigmen melanin pada kulit. Pemenuhan kebutuhan tembaga dapat diperoleh dari makanan-makanan yang dikonsumsi seseorang. Pada kasus normal, hati akan menyaring tembaga berlebih dan mengeluarkannya melalui cairan empedu, yaitu fluida yang dibuat di dalam hati yang bertugas membawa racun dan limbah tubuh melalui jalur pencernaan.

Pada penderita penyakit Wilson, hati sang penderita mengalami kegagalan dalam melakukan proses penyaringan tembaga secara benar. Akumulasi tembaga di dalam tubuh dapat menyebabkan kerusakan organ-organ tubuh yang membahayakan kehidupan.

Penyebab

Penyakit yang pertama kali ditemukan oleh dr. Samuel Alexander Kinnier Wilson pada tahun 1912 ini disebabkan oleh mutasi padagen ATP7B pada kromosom nomor 13 manusia. Gen ini berperan dalamkontrol sel-sel hati untuk membuang kelebihan tembaga dalam tubuh. Jika prosespengeluaran tembaga tidak berjalan dengan baik dan benar, akan terjadipenumpukan logam tembaga di sel-sel hati. Saat kapasitas penyimpanan sel-selhati sudah melebihi batas, tembaga akan ‘tumpah’ ke aliran darah dan tersimpandi organ-organ tubuh yang dilewati oleh aliran darah. Penumpukan tembagaumumnya ditemukan pada organ otak.

Mutasi gen ini bersifat resesif sehingga hanya bisa menurun apabila kedua orang tua si penderita mempunyai mutasi pada gen tersebut (karier gen).

Penyakit Wilson menimbulkan gejala yang bervariasi sehinggasering disalahartikan sebagai kondisi atau penyakit yang berbeda. Gejalapenyakit Wilson ini tergantung pada bagian tubuh mana yang terkena gangguan.Gejala tersebut dapat berupa:

  1. Gejala pada hati, yaitu tubuh terasa lemah dan lelah, penurunan berat badan, mual dan muntah, kehilangan selera makan, kulitmenjadi berwarna kuning, perut terasa nyeri atau kembung, edema (bengkak) padatangan dan perut, kram otot, dan angioma.
  2. Gejala pada otak, yaitu menurunnya daya ingat,kemampuan bicara, dan penglihatan, cara berjalan menjadi tidak normal, seringmengeluarkan air liur, migrain, insomnia, gangguan koordinasi gerakan tangan,perubahan kepribadian dan suasana hati, depresi, kejang, serta otot terasasakit saat bergerak.
  3. Gejala pada mata, yaitu cincinKayser-Felischer (Kayser-Felisher ring) dan katarak berbentuk bungamatahari (sunflower cataract). Hampir seluruh penderita penyakit Wilsonmemiliki cincin Kayser-Felischer pada mata mereka, di mana akan tampak warnakecoklatan pada bagian depan.
  4. Gejala lainnya, yakni kuku berwarna biru,batu ginjal, osteoporosis prematur, arthritis, menstruasi tidak teratur,tekanan darah rendah, masalah pada jantung, radang pankreas, dan keguguranberulang pada wanita.

Asuransi Penyakit Kritis Flexi CI– Dalam hal ini Allianz memiliki kriteria tersendiri dalam mengklaim penyakit kritis yaitu Penyakit Wilson.

Penyakit Wilson

Potensi kerusakan fatal akibat keracunan zat tembaga yang memiliki ciri-ciri penyakit hari progresif dan atau kerusakan neurologo yang disebabkan oleh timbunan tembaga. Diagnosis harus ditegakkan oleh dokter spesialis dan perawatan dengan chelating agent harus di dokumetasi minimal selama 6 (enam) bulan.

Klik disini untuk melihat list Kondisi Penyakit Kritis Flexi CI (Rider)Plan Silver Allianz

Untuk informasi lebih lanjut tentang gejala penyakit kritis lainnya bisa sahabat satuters ikuti informasi dari Agen Allianz Jakarta atau dengan langsung menghubungi Agen Allianz di sekitar wilayah sahabat satuters. HP/WA : 081212188110

Related Post

MAY 13, 2019

Penyakit Anemia Aplastik,...

Penyakit Anemia Aplastik, Menjadi Penyakit Yang Menakutkan di Dunia – Anemia...

0

MAY 12, 2019

Sistem Kekebalan Tubuh Yang...

Sistem Kekebalan Tubuh Yang Menyerang Hati, Hepatitis Autoimun Kronis – Hepatitis...

0

MAY 11, 2019

Peradangan Pada Struktur...

Peradangan Pada Struktur Ginjal Akibat Penyakit Glomerulonefritis Kronis-...

0

MAY 10, 2019

Peradangan Kronis Pada Usus...

Peradangan Kronis Pada Usus Besar (Kolitis Ulseratif) – Kolitis Ulseratif adalah...

0

MAY 9, 2019

Peradangan Pada Usus (Crohn...

Peradangan Pada Usus (Crohn Kronis), Salah Satu Penyakit Langka – Penyakit Crohn...

0

MAY 8, 2019

Penyakit Langka Menyerang...

Penyakit Langka Menyerang Saraf Motoris (Bulbar Palsy Progressive) – Bulbar Palsy...

0