Share this post

Penyakit Tangan, Kaki dan Mulut Dengan Komplikasi Parah Hand-foot-and-mouth disease (HFMD) merupakan salah satu penyakit infeksi akut, disebabkan enterovirus yang biasanya bersifat ringan dan swasirna, akan tetapi komplikasi seperti meningitis, ensefalitis dan edema pulmonum yang dapat berakhir dengan kematian dapat terjadi berkaitan dengan Enterovirus 71 (EV 71) sebagai salah satu penyebabnya.

Enterovirus nonpolio masih merupakan penyebab yang penting dalam kesakitan terutama pada usia anak-anak karena belum ditemukannya vaksin dan terapi antivirus yang efektif. Tujuan: Memberikan gambaran tentang gejala serta perjalanan penyakit HFMD termasuk komplikasi berat yang dapat timbul. Telaah kepustakaan: HFMD ditandai adanya lesi berbentuk ulkus pada mulut dan eksantema berbentuk vesikel pada ekstremitas bagian distal disertai dengan gejala konstitusi yang ringan. Penyakit ini paling banyak menyerang anak usia kurang dari 10 tahun.

Penularan terjadi melalui fecal-oral pada sebagian besar kasus. Diagnosis HFMD seringkali secara klinis yang didapat dari anamnesis dan pemeriksaan fisik. Komplikasi yang paling sering adalah dehidrasi. Komplikasi yang lebih parah dapat timbul jika terjadi salah diagnosis, tidak dapat memelihara hidrasi yang adekuat dan gagal dalam mengenali tanda-tanda menuju adanya keterlibatan neurogenik yang serius, meskipun jarang terjadi.

Pengobatan HFMD bersifat suportif dan ditujukan untuk meredakan gejala. Kesimpulan: Secara umum HFMD memiliki prognosis yang bagus, karena sebagian besar kasus bersifat ringan dan swasirna, namun perjalanan klinisnya tetap harus diwaspadai berkaitan dengan komplikasi neurologik dan gagal jantung-paru yang dapat timbul jika terdapat keterlibatan EV 71 sebagai penyebabnya, meskipun hal ini jarang terjadi.

Asuransi Penyakit Kritis Flexi CI – Dalam hal ini Allianz memiliki kriteria tersendiri dalam mengklaim penyakit kritis yaitu Penyakit Tangan, Kaki, dan Mulut dengan komplikasi parah /Mengancam Hidup (Kondisi pada Anak sampai usia 18 tahun ke atas).

Penyakit Tangan, Kaki, dan Mulut dengan komplikasi parah /Mengancam Hidup (Kondisi pada Anak sampai usia 18 tahun ke atas).

“Diagnosis penyakit tangan, kaki dan mulut yang dibuktikan dengan adanya infeksi Coxsackie A17 dan Entenovirus 71. Untuk manfaat ini, hanya penyakit tangan, kaki dan mulut dengan komplikasi parah yang parah yang mengharuskan masuk ICU dan berkenaan dengan Radang Otak (Ensefalitis) dan/atau Perdangan otot jantung (Miokarditis) yang akan ditanggung.

Isolasi postif pada virus penyebab untuk mendukung diagnosis, harus diberikan bersamaan dengan bukti-bukti dokumentasi mengenai adanya Radang Otak (Ensefalitis) dan/atau Peradangan Otot Jantung (Miokarditis).

Klaim atas manfaat ini hanya dapat dilakukan dengan adanya bukti defisit neurologis setidaknya 30 (tiga puluh) hari setelah kejadian.

Klik disini untuk melihat list Kondisi Penyakit Kritis Flexi CI (Rider) Plan Silver Allianz.

Untuk informasi lebih lanjut tentang gejala penyakit kritis lainnya bisa sahabat satuters ikuti informasi dari Agen Allianz Jakarta atau dengan langsung menghubungi Agen Allianz di sekitar wilayah sahabat satuters. HP/WA : 081212188110.

Related Post

MAY 13, 2019

Penyakit Anemia Aplastik,...

Penyakit Anemia Aplastik, Menjadi Penyakit Yang Menakutkan di Dunia – Anemia...

0

MAY 12, 2019

Sistem Kekebalan Tubuh Yang...

Sistem Kekebalan Tubuh Yang Menyerang Hati, Hepatitis Autoimun Kronis Tahap Awal –...

0

MAY 11, 2019

Peradangan Pada Struktur...

Peradangan Pada Struktur Ginjal Akibat Penyakit Glomerulonefritis Kronis-...

0

MAY 10, 2019

Peradangan Kronis Pada Usus...

Peradangan Kronis Pada Usus Besar (Kolitis Ulseratif) – Kolitis Ulseratif adalah...

0

MAY 9, 2019

Peradangan Pada Usus (Crohn...

Peradangan Pada Usus (Crohn Kronis), Salah Satu Penyakit Langka – Penyakit Crohn...

0

MAY 8, 2019

Penyakit Langka Menyerang...

Penyakit Langka Menyerang Saraf Motoris (Bulbar Palsy Progressive) – Bulbar Palsy...

0