Categories
Berita Terbaru Kesehatan

Penyebab Autisme Pada Anak, Yuk Kenali Sejak Dini

Penyebab Autisme Pada Anak, Yuk Kenali Sejak Dini – Apakah kamu pernah melihat atau memiliki saudara yang mengidap autis? Sudahkah sahabat satuters mencari tahu ciri-ciri autis? Walaupun sering dianggap sepele, nyatanya mengenal penyebab autis ini adalah hal yang sangat penting agar kita sebagai orang tua dapat menghindarinya sedini mungkin.

Pengertian autisme

Autisme sebenarnya bukanlah penyakit melainkan, Autisme adalah suatu kelainan pada seseorang yang tidak mengalami perkembangan secara normal, khususnya dalam berkomunikasi dengan orang lain baik secara verbal maupun non verbal. Biasanya gangguan ini dimulai pada masa kanak-kanak, atau mungkin lebih awal pada usia bayi hingga seumur hidup.

Umumnya kelainan autis adalah suatu kelainan yang tidak dapat disembuhkan. Namun ada beberapa penanganan yang bisa mengurangi gangguan autis ini.

Penyebab autisme

Hingga saat ini belum diketahui secara jelas penyebab dai autisme ini. Namun para ilmuwan menyebutkan autisme terjadi karena kombinasi dari berbagai faktor genetik, lingkungan dan penyakit atau kondisi kesehatan tertentu. Namun ada beberapa faktor lainnya yang dapat memicu autisme ini.

  1. Ketidakseimbangan pada otak
  2. Seringnya penggunaan obat-obatan selama masa kehamilan
  3. Usia terlalu tua pada saat hami anak pertama
  4. Terjadinya mutasi gen di dalam tubuh
  5. Janin dalam kandungan sering terpapar pestisida
  6. Bayi lahir prematur
  7. Anak mengalami penyakit atau kondisi kesehatan tertentu

Jenis gangguan komunikasi bicara

  1. Terjadinya keterlambatan atau tidak terjadinya perkembangan dari segi bahasa wicara
  2. Selalu menggunakan bahasa yang berulang-ulang dan tidak mengandung makna
  3. Tidak memiliki kemampuan dalam mengambil peran
  4. Cara berbicara yang kaku seperti robot
  5. Tidak memiliki kemampuan dalam spontanitas

Cara mengatasinya

Memang tidaklah mudah menjadi orang tua dari anak yang hidup dengan gangguan autisme. Namun perlu sahabat satuters tahu bahwa dampingilah ia selalu dan jangan putus asa. Saat orang tua dapat memberikan pemahaman dan pembelajaran dengan baik ke anak, maka ketika dirnya mengalami gangguan tersebut dapat hidup secara lebih baik ditengah kita.

Sangat penting bagi orang untuk bisa mempelajari, mengumpulkan dan terus memperbaharui semua informasi tentang autisme ini. Kenapa? Karena gejala dan sifat autisme ini selalu berubah dari waktu ke waktu. Nah perubahan inilah yang membuat penangannya pun harus disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing penyandang autisme .

Setelah sahabat satuters mengetahui tentang “Penyebab Autisme Pada Anak, Yuk Kenali Sejak Dini“. Apakah keluarga sahabat satuters saat ini sudah terlindungi dengan asuransi?.Untuk informasi seputar asuransi bisa sahabat satuters ikuti informasi dari Agen Allianz Jakarta atau dengan langsung Agen Allianz di sekitar wilayah sahabat satuters.  HP/WA : 081212188110