Categories
Asuransi Kesehatan Berita Terbaru Kesehatan

Inilah Penyebab Penyakit Jantung Yang Sering Diabaikan

Penyebab Penyakit Jantung Yang Sering Diabaikan – Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit berbahaya yang menyebabkan tingginya angka kematian di Indonesia. Sebagian masyarakat kita belum mengetahui penyebab penyakit jantung. Adalah faktor genetik serta gaya hidup tak sehat selain merokok dan kegemukan, ternyata masih ada sejumlah faktor tersembunyi yang dapat memicu resiko terkena penyakit jantung. Penyebab penyakit jantung memang harus kita ketahui agar kita bisa menjaga dan mencintai jantung kita. Dan di bawah ini sejumlah faktor penyebab penyakit jantung :

1. Faktor Usia dan Jenis kelamin

Pada wanita berumur di bawah usia 50 tahun, cenderung memiliki resiko lebih rendah dibanding dengan Pria pada usia yang sama. Setelah wanita mengalami menopause, resiko terkena penyakit jantung bertambah karena penurunan dari hormon estrogen yang mempunyai sifat melindungi.

2. Faktor Keturunan Dari Keluarga

Hasil Penelitian menunjukkan jika mempunyai riwayat gangguan jantung di dalam keluarga, keturunan mereka lebih berpotensi mengembangkan problem yang sama yaitu penyakit jantung.

3. Faktor Perokok Aktif atau Perokok Pasif

Penyebab penyakit jantung karena rokok sangat tinggi. Kira-kira 20 persen dari semua kematian penyakit jantung karena merokok. Hasil penelitian menyebutkan orang yang tidak merokok kemudian tinggal dengan para perokok cenderung memiliki resiko penyakit serangan jantung.

4. Faktor Penyakit Diabetes (kencing manis)

Resiko juga terdapat pada penderita penyakit diabetes dapat mengalami penyakit jantung akibat adanya komplikasi. Para penderita diabetes harus lebih memperhatikan kesehatan karena resiko terkena penyakit serangan jantung sangat besar.

5. Faktor Tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi juga merupakan salah satu penyebab sakit jantung. Tekanan darah tinggi (hipertensi) bisa melukai dinding arteri serta memungkinkan kolesterol LDL memasuki saluran arteri dan meningkatkan timbunan plak.

6. Faktor Kegemukan atau Obesitas

Kelebihan berat badan dapat memicu tekanan darah tinggi dan ketidaknormalan jumlah lemak. Menghindari serta mengobati obesitas (kegemukan) merupakan cara utama untuk menghindari diabetes.

Baca Juga : 49 Jenis Penyakit Kritis Allianz

7. Faktor Gaya hidup kurang Olah Raga

Umumnya, orang-orang yang jarang olah raga memiliki resiko serangan jantung yang lebih tinggi. Berbeda dengan yang rutin berolahraga. Olahraga secara teratur dapat meningkatkan kemampuan jantung, menurunkan kolesterol dan juga menurunkan tekanan darah.

8. Stress / Emosi berlebihan

Berdasarkan hasil penelitian, stress memicu penyempitan arteri akibatnya menurunkan aliran darah. Dan penelitian lain mengesankan bahwa stres berat menyebabkan pecahnya dinding arteri serta memicu serangan jantung. Hindari stress berlebih adalah cara ampuh menghindari penyebab penyakit jantung.