Share this post

Peradangan Kronis Pada Usus Besar (Kolitis Ulseratif) – Kolitis Ulseratif adalah suatu penyakit yang menyebabkan peradangan pada usus besar dan terkadang peradanga tersebut menyebabkan usus pendarahan dan menghasilkan nanah dan lendir. Cairan pada saluran pencernaan berpindah ke usus besar sehingga usus besar perlu dikosongkan dengan sering, mengakibatkan diare.

Penyakit Crohn dan Kolitis Ulseratif adalah suatu kondisi peradangan kronis pada saluran pencernaan. Meskipun sama-sama masuk dalam kelompok IBD, Penyakit Crohn tidak sama dengan kolitis ulseratif.

Gejala kedua penyakit ini memang mirip, tetapi daerah di saluran pencernaan yang terkena dampak berbeda. Penyakit Crohn lebih sering terjadi di bagian akhir usus kecil (ileum) dan awal usus besar, meskipun tidak menutup kemungkinan dapat mempengaruhi semua bagian saluran cerna mulai dari mulut sampai ke anus.

Sedangkan kolitis ulseratif hanya terjadi di usus besar saja. Penyakit Crohn juga dapat mempengaruhi seluruh bagian dinding usus, sedangkan kolitis ulseratif hanya melibatkan lapisan terdalam dari usus besar.

Gejala

Gejala yang ditimbulkan dari penyakit ini, umumnya cenderung muncul dan menghilang, terkadang terasa nyeri dalam jangka lama dan terkadang tidak, berikut gejalanya meeliputi :

  1. Kram
  2. Pendarahan pada dubur
  3. Lendir pada tinja
  4. Nyeri pada bagian perut, apalagi jika disentuh dan ditekan
  5. Diare

Asuransi Penyakit Kritis Flexi CI, Plan Platinum (Early CI = 30 Kondisi) – Dalam hal ini Allianz memiliki kriteria tersendiri dalam Mengklaim Penyakit Kritis Yaitu Penyakit Kolitis Ulseratif Kronis.

Penyakit Kolitis Ulseratif Kronis

“Penyakit Kolitis Ulseram Kronis merujuk kepada peradangan seluruh usus besar yang telah dibuktikan berdasarkan endoskopi dan biopsi. Diagnosis harus ditegakkan oleh dokter spesialis Gastroenterologi dan diperlukan pengobatan imunosupresi sistemik atau obat imunomodulator berkelanjutan selama minimal 6 (enam) bulan dibawah pengawasan dokter spesialis Gastroenterologi. Bentuk lain dari peradangan kolitis dan Kolitis Ulceratif pada rektum dikecualikan.”

Untuk informasi lebih lanjut tentang gejala penyakit kritis lainnya bisa sahabat satuters ikuti informasi dari Agen Allianz Jakarta atau dengan langsung menghubungi Agen Allianz di sekitar wilayah sahabat satuters. HP/WA : 081212188110.

Related Post

MAY 13, 2019

Penyakit Anemia Aplastik,...

Penyakit Anemia Aplastik, Menjadi Penyakit Yang Menakutkan di Dunia – Anemia...

0

MAY 11, 2019

Peradangan Pada Struktur...

Peradangan Pada Struktur Ginjal Akibat Penyakit Glomerulonefritis Kronis-...

0

MAY 9, 2019

Peradangan Pada Usus (Crohn...

Peradangan Pada Usus (Crohn Kronis), Salah Satu Penyakit Langka – Penyakit Crohn...

0

MAY 7, 2019

Tindakan Transplantasi...

Tindakan Transplantasi Kornea, Akibat Jaringan Parut Pada Mata – Mata Anda memiliki...

0

MAY 6, 2019

 Transplantasi Usus Halus...

 Transplantasi Usus Halus Akibat Suatu Penyakit Serius – Usus halus merupakan...

0

MAY 5, 2019

Pengertian Penyakit Ginjal...

Pengertian Penyakit Ginjal Kronis Serta Penyebabnya – Ginjal berperan penting untuk...

0