Categories
Asuransi Kecelakaan Asuransi Kesehatan Asuransi Penyakit Kritis Berita Terbaru Kesehatan

Peradangan Selaput Otak & Tulang Belakang, Waspada Meningitis Bakteri

Peradangan Selaput Otak & Tulang Belakang, Waspada Meningitis Bakteri – Meningitis adalah salah satu penyakit yang berbahaya yang harus mendapat penanganan segera. Meningitis dapat disebut juga dengan radang selaput otak, yaitu radang pada membran yang berada di sekitar otak dan sumsum tulang belakang (meningen). Meningitis dapat disebabkan oleh infeksi dari virus, bakteri, dan mikroorganisme. Penyakit ini dapat berakibat fatal bagi pengidapnya akibat peradangan pada meningen.

Penyebab Meningitis Bakteri

Penyakit meningitis bakteri 80% diakibatkan dari bakteri yang sangat merugikan tubuh yaitu sebagai berikut :

  1. Hemophilus Influenza,jenis penyakit yang menyebakan infeksi pernafasan pada bagian atas, telinga bagian dalam dan sinusitis.
  2. Neisseria Meningtidis,yaitu infeksi saluran nafas pada bagian atas yang kemudian masuk kedalam peredaran darah yang mencapai otak, sehingga menyebabkan meningitis. Taukah sahabat satuters jika infeksi dari bakteri ini dapat menyebabkan kematian dalam waktiu 24-48 jam.
  3. Streptococcus Pneumoniae, bakteri adalah bakteri yang paling banyak menyebabkan penyakit meningitis pada bayi dan anak2. Bakteri ini juga dapat menyebabkan infeksi pada telinga dan rongga hidung (sinus).
  4. Listeria Monocytogenes

Bakteri ini paling banyak di temukan, karena berasal dari hewan peliharaan dan makanan yang telah terkontaminasi oleh bakteri ini. Serta makanan yang berjenis keju, hot dog dan daging sandwich.

  1. Bakteri Lainnya seperti adalah Staphylococcus aureus dan Mycobacterium tuberculosis, yang merupakan bakteri yang menyebkan TBC.

Asuransi Penyakit Kritis Flexi CI, Plan Silver (Advanced CI =  77 Kondisi) Dalam hal ini Allianz memiliki kriteria tersendiri dalam mengklaim penyakit kritis yaitu Meningitis Bakteri.

Meningitis Bakteri

“Meningitis bakteri yang menimbulkan peradangan selaput otak atau sum-sum tulang belakang sehingga terjadinya ketidakmampuan neurologis yang permanen dan berlangsung paling sedikit 6 (enam) minggu.

Diagnosisnya harus dikonfirmasi oleh dokter ahli saraf, dan didapatkan adanya infeksi bakteri didalam cairan otak yang didapatkan dari pungsi lumbal.”

Klik disini untuk melihat list Kondisi Penyakit Kritis Flexi CI (Rider) Plan Silver Allianz.

Untuk informasi lebih lanjut tentang gejala penyakit kritis lainnya bisa sahabat satuters ikuti informasi dari Agen Allianz Jakarta atau dengan langsung menghubungi Agen Allianz di sekitar wilayah sahabat satuters. HP/WA : 081212188110