Categories
Tips Satuterpenting

Perasaan Menyesal Setelah Kalap Belanja, Bikin Kantong Bolong

Perasaan Menyesal Setelah Kalap Belanja, Bikin Kantong Bolong – Setiap orang mungkin pernah mengalami suatu perasaan, di mana dirinya merasa menyesal setelah membeli barang tertentu yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Nah, kondisi inilah yang dinamakan money trap.

Bagi sebagian orang yang sering berkecimpung di media sosial tentu saja tidak asing dengan istilah ini. Jadi sederhananya, money trap merupakan sebuah jebakan uang yang mendorong seseorang memiliki perilaku boros atau konsumtif karena beberapa faktor.

Agar sahabat satuters tidak terjebak dalam kondisi money trap, ada beberapa tips yang bisa sahabat satuters lakukan untuk menghindarinya. Apa sajakah itu? Berikut penjelasannya :

  1. Segera di tabungsetelah gajian

Warren buffet pernah berkata, “jangan menabung uang dari sisa pengeluaran, namun gunakanlah uang untuk  pengeluaran setelah kamu menabung”. jadi artinya ketika sahabat satuters memiliki uang maka segeralah di tabung.

Setelah itu gunakan sisanya untuk pengeluaran lainnya seperti kebutuhan sehari-hari, membayar tagihan yang bersifat wajib dan lainnya.

  1. Utamakan pengeluaran

Apabila saat  ini sahabat satuters masih sangat sulit untuk membedakan antara kebutuhan dan keinginan, maka utamakanlah pengeluaran terlebih dahulu kemudian kelompokkan. Kelompokkan mana yang menjadi prioritas atau primer. Jangan lupa untuk memasukkan belanja bulanan, biaya makan, transportasi dan berbagai tagihan seperti internet, listrik dan cicilan lainnya. Setelah itu kelompokan kebutuhan sekunder seperti biaya streaming dan liburan.

Kemudian tentukanlah besaran alokasinya dengan ketentuan kelompok primer jauh lebih besar dari sekunder. Nah, dengan begitu, setiap kali sahabat satuters membeli barang yang statusnya di luar kelompok tersebut, maka sahabat satuters akan tersadar sendiri untuk mengurungkan niat membeli barang yang tidak diperlukan.

  1. Buat dua rekening berbeda

Sahabat satuters dapat membuat dua rekening yang berbeda dengan tujuan agar sahabat satuters dapat mengetahui batasan masing-masing dari kebutuhan tersebut. Namun sebaliknya, jika sahabat satuters hanya memiliki satu rekening saja untuk semuanya, maka uang yang di tabung tersebut akan terambil secara tidak sadar dan semakin lama semakin besar nilainya.

Setelah sahabat satuters mengetahui tentang “Perasaan Menyesal Setelah Kalap Belanja, Bikin Kantong Bolong”, Apakah keluarga sahabat satuters saat ini sudah terlindungi dengan asuransi? Sudah cukupkah perlindungannya?

Untuk informasi seputar asuransi bisa sahabat satuters ikuti informasi dari Agen Allianz Jakarta atau dengan langsung Agen Allianz di sekitar wilayah sahabat satuters.  HP/WA : 081212188110.