Share this post

Perbedaan bakteri dan virus, Ini Penjelasannya Agar Mudah di Pahami – Hai sahabat satuters, pasti kamu saat ini masih bingungkan jika ditanya tentang apa perbedaan bakteri dan virus. Karena memang beberapa penyakit disebabkan oleh mereka berdua (Bakteri dan Virus). Nah, agar kamu tidak bingung untuk mengenali keduanya, berikut satuterpenting telah merangkum dari berbagai sumber khusus buat kamu lho. Apa saja perbedaannya? Berikut penjelasannya :

  1. Ukuran

Perbedaan pertama yang paling mendasar adalah dari segi ukuran, walaupun keduanya sama-sama tidak dapat dilihat langsung oleh mata telanjang. Virus merupakan mikroorganisme yang sangat kecil dibandingkan bakteri. Karena virus hanya dapat di lihat oleh mikrosop yang lebih canggih seperti mikrosop elektron, sedangkan bakeri dapat dilihat dengan mikrosop cahaya. Perbandingannya seperti antara melihat jerapah adalah bakteri dan ikan mas adalah virus.

  1. Berkembang Biak

Virus, hidup dan berkembang biak dengan cara menempel pada inangnya (sel sehat) dan bersifat parasit. Ketika virus menempel pada suatu sel maka ia akan mengambil alih sel tersebut untuk mengembangbiakkan virus-virus lainnya hingga sel tersebut mati.

Sedangkan bakteri memiliki satu sel, dimana ia berkembang biak dengan cara membelah diri secara terus menerus. Bakteri bisa hidup secara mandiri walaupun pada permukaan benda mati. Serta ada juga bakteri yang hidup di air, tanah, udara, awan, karpet, lautan dan dalam tubuh makhluk hidup.

  1. Obat dan Penanganannya

Jika seseorang terserang bakteri, maka dokter biasanya akan memberikan obat antibiotik yang dirancang untuk menghilangkan bakteri pathogen. Namun antibiotik ini tidak bisa membunuh virus, sebab infeksi yang disebabkan oleh virus harus di obati dengan memberikan obat anti virus dengan meningkatkan sistem imunitas tubuh. Akan tetapi untuk kasus COVID-19, hingga sekarang para ahli kesehatan belum menemukan antivirusnya.

  1. Dapat Dimanfaatkan

Tahukah sahabat satuters, ternyata ada ada sebagian bakteri yang dapat digunakan dan bermanfaat bagi kehidupan manusia. Diantara bakteri baik yang telah banyak membantu manusia adalah mengolah keju, yoghurt, acar, cuka, dan kecap. Serta dalam beberapa kasus, bakteri bahkan dapat digunakan untuk membantu pengolahan limbah secara alami.

Tidak hanya itu dalam dunia medis dan sains bakteri juga banyak digunakan untuk ilmu pengetahuan. Sebab beberapa jenis bakteri dapat dimanipulasi untuk menghasilkan protein tertentu yang bermanfaat bagi medis dan pengobatan.

Sedangkan virus justru bersifat sebaliknya. Karena membanttu para ilmuwan dalam menciptakan antivirus atau vaksin yang digunakan untuk melawan virus itu sendiri.

Setelah sahabat satuters mengetahui tentang “Perbedaan bakteri dan virus, Ini Penjelasannya Agar Mudah di Pahami“. Apakah keluarga sahabat satuters saat ini sudah terlindungi dengan asuransi?.Untuk informasi seputar asuransi bisa sahabat satuters ikuti informasi dari Agen Allianz Jakarta atau dengan langsung Agen Allianz di sekitar wilayah sahabat satuters.  HP/WA : 081212188110

Related Post

JUNE 2, 2020

Bagaimana Virus Corona Dapat...

Bagaimana Virus Corona Dapat Menyerang Orang Yang Sembuh? – Sudah lebih dari satu...

0

JUNE 1, 2020

Tentang Istilah New Normal...

Tentang Istilah New Normal Pasca Pandemi Corona – Saat ini kita sering mendengar...

0

MAY 25, 2020

Kunyit Putih, Inilah Segudang...

Kunyit Putih, Inilah Segudang Manfaat Jika Kamu Mengkonsumsinya – Apakah sahabat...

0

MAY 24, 2020

Atasi Stres Saat Dirumah Aja...

Atasi Stres Saat Dirumah Aja Karena Pandemi Virus Corona, Ini Tipsnya – Virus...

0

MAY 23, 2020

Penyebab Autisme Pada Anak,...

Penyebab Autisme Pada Anak, Yuk Kenali Sejak Dini – Apakah kamu pernah melihat atau...

0

MAY 21, 2020

Silaturahmi Lebaran Dimasa...

Silaturahmi Lebaran Dimasa Pandemi Corona, Ini Tips Amannya – Tidak terasa...

0
Call Now Button