Categories
Berita Terbaru

Pewarna Alami, Jenis Sayuran Dan Buah-Buahan Penghasil Warna

Pewarna Alami, Jenis Sayuran Dan Buah-Buahan Penghasil Warna – Siapa sih yang tidak tergoda saat melihat makanan dengan aneka warna yang cantik. Nah tentunya kamu akan segera ingin mencicipinya bukan? Tidak dapat dipungkiri salah satu hal yang menarik dari makanan atau kue adalah warnanya.

Namun sahabat satuters pastikan pewarna makanan yang digunakan tersebut menggunakan pewarna alami yang baik untuk kesehatan tubuh. Jika tidak maka akan membahayakan tubuhmu lho.

Berikut pewarna makanan alami yang dapat sahabat satuters olah dengan berbagai jenis buah dan sayuran ini.

  1. Warna merah

Buah-buah yang menghasilkan warna merah alami adalah stroberi, cranberry, raspberry, delima, naga merah dan juga bit. Caranya kamu cukup menghaskannya dengan cara di blender kemudian memeras hingga menghasilkan sari air. Nah namun berbeda dengan buah bit. Buah ini di olah dengan cara direbus dengan kulitnya dalam air mendidih selama 30 menit, angkat dan dinginkan, lalu potong.Masukkan lagi ke dalam panci rebusan tadi. Ketika direbus tunggu warna hingga merah tua lalu saring.

  1. Warna hijau

Warna hijau sangat mudah di dapat pada buah dan sayuran, seperti alpukat, bayam, pandan dan daun suji. Kamu cukup menumbukkannya hingga halus.

  1. Warna orange

Wortel adalah salah satu penghasil warna orange alami. Untuk mendapatkan warna tersebut, kamu blender wortel tersebut lalu diperas untuk mendapatkan airnya. Selain wortel warna orange dari jeruk pun bisa digunakan, walaupun tidak secerah warna yang dihasilkan wortel.

  1. Warna kuning

Pewarna alami yang biasa digunakan untuk menghasilkan warna kuning adalah kunyit. Tapi tahukah sahabat satuters jika labu kuning teryata bisa menghasilkan warna kuning juga. Caranya cukup mudah,labu kuning di tumbuk kemudian di campur dengan air kemudian di saring.

  1. Warna biru dan Ungu

Warna biru dan ungu ini dapat diperoleh dari buah blueberry, blackberry dan anggur, sayur kol ungu, ubi ungu dan bunga telang. Kol ungu dan bunga telang merupakan penghasil warna ungu alami. Jika bunga telang hanya perlu di remas-remas dan di rendam dengan sedikit air, maka kol ungu harus di rebus terlebih dahulu dengan air panas dalam waktu yang cukup lama.

Lalu bagaimana untuk menghasilkan warna biru? Kamu cukup menggabungkan warna ungu dari bunga telang dan kol. Caranya, tambahkan sedikit soda kue atau teh hijau kedalam cairan ungu. Maka cairan tersebut akan menghasilkan warna biru.

  1. Warna cokelat

Warna cokelat bisa kamu peroleh dari hasil olahan biji kakao dan gula merah yang diolah dari nira kelapa atau aren. Warna cokelat lainnya juga bisa Anda peroleh dari rempah-rempah seperti kayu manis, cengkeh dan lada hitam yang dipanggang terlebih dahulu lalu digiling hingga halus. Tetapi perlu diingat, bubuk rempah-rempah ini hanya boleh dicampurkan pada makanan tertentu saja.

Setelah sahabat satuters mengetahui tentang “Pewarna Alami, Jenis Sayuran Dan Buah-Buahan Penghasil Warna”.Apakah keluarga sahabat satuters saat ini sudah terlindungi dengan asuransi?.Untuk informasi seputar asuransi bisa sahabat satuters ikuti informasi dari Agen Allianz Jakarta atau dengan langsung Agen Allianz di sekitar wilayah sahabat satuters.  HP/WA : 081212188110