Share this post

Polis Asuransi Ada Tapi Lupa Manfaatnya, Ini Yang Harus Di Lakukan – Bagi sebagian orang, menabung yang efektif adalah dengan tidak mengingat-ingat jumlah uang yang ditabung. Termasuk polis asuransi, yang bisa dianggap sebagai ‘tabungan proteksi’ jangka panjang, terkadang sampai terlupakan oleh pemiliknya.

Ada berbagai faktor mengapa seseorang bisa lupa memiliki polis asuransi, di antaranya:

Karena asuransi bersifat jangka panjang, perjalanan waktu yang bertahun-tahun dapat membuat seseorang tidak ingat lagi pada polis asuransi yang dimilikinya. Paling umum terjadi pada produk asuransi jiwa yang manfaatnya baru bisa dirasakan ketika tertanggung meninggal dunia atau pada akhir masa polis.

Memiliki banyak produk asuransi juga membuat pemiliknya rentan lupa terhadap salah satu (atau sejumlah) polis.

Masih banyak lagi faktor dan alasan lainnya yang dapat membuat seseorang lupa punya polis asuransi. Ya, lupa itu manusiawi; namun bukan menjadi pembenaran. Karena bila kita lupa terhadap polis asuransi yang dimiliki, hal tersebut akan merugikan. Kerugian utama akibat lupa punya polis adalah jika kita terus membayar premi namun tidak menggunakan benefit yang semestinya kita peroleh dari asuransi yang kita miliki, seperti penggantian biaya kesehatan atau warisan untuk keluarga.

Agar bisa tetap jadi andalan bagi diri sendiri dan keluarga, ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian:

1. Pahami produk asuransi yang kita miliki

Sebelum kita membeli produk asuransi, pastikan untuk mempelajari terlebih dulu dengan detail mengenai produk tersebut. Jangan lupa pelajari juga dan pahami isi polis asuransi. Biasakan untuk tidak terburu-buru, karena perusahaan akan memberikan waktu kurang lebih dua minggu bagi nasabah untuk mempelajari isi polis secara maksimal. Bijaklah dalam membeli produk asuransi, sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

2. Mengisi data dengan benar dan lengkap

Hal berikutnya yang perlu diperhatikan ketika membeli polis asuransi ialah memastikan data pemegang polis dan tertanggung telah kita isi dengan benar, karena polis merupakan dokumen legal yang sangat penting dalam asuransi. Hal ini ada kaitannya jika kita nanti mengajukan klaim di kemudian hari. Bila ada perubahan data alamat atau nomor telepon, segera hubungi perusahaan asuransi atau agen yang menangani polis kita, agar komunikasi tetap terjalin dengan baik.

3. Pendampingan dan transparansi informasi 

Agar tidak lupa kita punya polis asuransi, ada baiknya kita didampingi oleh keluarga atau orang yang menjadi penerima benefit saat menandatangani polis. Kalaupun tidak didampingi ketika membeli polis asuransi, keluarga sebaiknya mengetahui polis asuransi apa saja yang kita miliki. Jika terjadi risiko, mereka dapat membantu mengingatkan kita mengenai asuransi yang kita miliki.

4. Membuat catatan kepemilikan polis

Beberapa orang abai untuk membuat catatan kepemilikan polis (berisi nomor polis, tanggal jatuh tempo, nama penerima manfaat, dan sebagainya) karena merasa tabu menulis ‘surat warisan’ sebelum waktunya. Padahal, catatan ini akan membantu kita mengingat polis asuransi yang kita miliki.

5. Simpan polis asuransi di tempat yang aman

Simpan baik-baik polis di tempat yang aman seperti misalnya safe deposit atau tempat kita biasa menyimpan dokumen penting lainnya seperti sertifikat rumah.

Setelah sahabat satuters mengetahui tentang “Polis Asuransi Ada Tapi Lupa Menggunakannya, Ini Yang Harus Di Lakukan“. Apakah keluarga sahabat satuters saat ini sudah terlindungi dengan asuransi? Untuk informasi seputar asuransi bisa sahabat satuters ikuti informasi dari Agen Allianz Jakarta atau dengan langsung Agen Allianz di sekitar wilayah sahabat satuters.  HP/WA : 081212188110

Related Post

NOVEMBER 11, 2019

Sering Sakit Punggung? Segera...

Sering Sakit Punggung? Segera Lakukan Cara Sederhana Ini – Apakah Anda pernah...

0

NOVEMBER 10, 2019

Cara Menentukan Skala...

Cara Menentukan Skala Prioritas Perencanaan Keuangan Dengan Baik – Pernahkah Anda...

0

NOVEMBER 9, 2019

Umur Semakin Bertambah Namun...

Umur Semakin Bertambah Namun Uang Masih Pas-pasan – Mengatur keuangan adalah hal...

0

NOVEMBER 8, 2019

Mengenal Problematika...

Mengenal Problematika Kemapanan, Kamu Wajib Tahu! – Umumnya orang berpikir bahwa...

0

NOVEMBER 6, 2019

Dana Darurat Telah Habis? Apa...

Dana Darurat Telah Habis? Apa Yang Harus Di Lakukan? – Akhirnya Anda menggunakan...

0

NOVEMBER 5, 2019

Membeli Rumah Impian Dengan...

Membeli Rumah Impian Dengan Menggunakan 5 Jenis Investasi Ini – Setiap orang tentu...

0
Call Now Button