Categories
Berita Terbaru

Polis Hilang? Apa Yang Harus Dilakukan? Ini Prosedurnya

Polis Hilang? Apa Yang Harus Dilakukan? Ini Prosedurnya – Dewasa ini asuransi memang menjadi salah satu investasi yang cukup menguntungkan, karena minat masyarakat terhadapnya cukup tinggi. Misalnya saja asuransi jiwa, kesehatan, dan masih banyak lagi.

Asuransi bertujuan untuk mengantisipasi pembiayaan kejadian tak terduga yang bisa saja terjadi.

Sebagai contoh, bayangkan apabila sahabat satuters belum memiliki asuransi kesehatan, dan sahabat satuters belum punya dana darurat. Kemudian suatu hari sahabat satuters sakit parah sehingga membutuhkan banyak biaya. Bagaimana solusinya? Kemungkinan besar sahabat satuters akan berusaha meminjam atau berutang.

Tetapi memang kasus jarang terjadi, sehingga banyak orang yang suka mengeluh: “Rugi membayar asuransi setiap bulan, sudah 3 tahun belum ada tuh kasus yang diklaim.” Alasan ini kerap digunakan orang untuk menghindari asuransi, alasan ini jugalah yang menyebabkan polis asuransi kerap terabaikan.

Akibatnya, banyak kasus polis asuransi hilang entah kemana, dan pemegang polis akan kebingungan saat ingin melakukan klaim. Oleh karena banyaknya kasus seperti ini, sahabat satuters akan membahas mengenai cara yang dapat dilakukan saat Anda kehilangan polis asuransi berikut ini:

1. Melaporkan kepada Agen Asuransi Terkait

Apabila sahabat satuters kehilangan polis asuransi, langkah pertama yang bisa ditempuh adalah dengan menghubungi agen asuransi terkait. Mintalah bantuan akan apa yang harus dilakukan saat kehilangan polis, dan bagaimana prosedur klaim jika terjadi hal demikian. Umumnya agen asuransi akan membantu sahabat satuters untuk mengurus masalah kehilangan ini dan tetap akan memproses klaim sahabat satuters.

2. Meminta Surat Keterangan Kehilangan

Apabila sahabat satuters tidak bisa menghubungi perusahaan asuransi terkait, maka sahabat satuters bisa mengatasinya dengan membuat surat keterangan kehilangan dari kepolisian. Selanjutnya, mengajukan permohonan penggantian polis baru di perusahaan asuransi.

Caranya sederhana, sahabat satuters hanya perlu mendatangi kantor polisi, dan ajukanlah pembuatan sebuah surat keterangan kehilangan. Biasanya sahabat satuters akan diminta untuk memberikan keterangan di mana kira-kira kamu kehilangan polis tersebut. Sahabat satuters hanya perlu menjawabnya dengan jujur dan benar adanya.

Kemudian, apabila memungkinkan, berikan informasi jelas terkait polis asuransi, misalnya nomor polis, jenis produk, nama pemegang polis, serta nama tertanggung.

Setelah memiliki surat keterangan kehilangan ini, sahabat satuters kemudian dapat menghubungi perusahaan asuransi terkait kembali untuk mengajukan penerbitan buku polis baru atau pengganti polis yang telah hilang, dengan nomor polis yang tetap sama.

Proses penerbitan polis duplikat juga tidak memerlukan waktu terlalu lama, hanya sekitar dua atau tiga pekan. Sehingga tidak akan menyulitkan sahabat satuters yang membutuhkannya.

3. Menghubungi Perusahaan Asuransi

Jika sahabat satuters tidak bisa menghubungi agen asuransi (karena sudah resignatau mutasi), dan juga lupa dengan nomor polis sehingga tidak bisa membuat surat keterangan kehilangan, maka langkah lain yang bisa diambil adalah dengan menghubungi perusahaannya.

Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI), Julian Noor juga mengungkapkan bahwa sahabat satuters yang kehilangan polis asuransi, terutama yang terkena bencana cukup memberikan laporan kepada perusahaan penerbit polis.

Caranya dengan menghubungi customer service perusahaan asuransi dan jelaskan keluhan sahabat satuters beserta data lengkap mengenai polis asuransi sahabat satuters.

Nanti pihak perusahaan selanjutnya pihak penerbit polis atau penanggung akan menggunakan database perusahaan sebagai dasarnya.

Setelah sahabat satuters mengetahui tentang “Polis Hilang? Apa Yang Harus Dilakukan? Ini Prosedurnya”. Pastikan sahabat satuters saat ini sudah terlindungi dengan asuransi yang layak. 

Untuk informasi seputar asuransi bisa di akses dari Agen Allianz Jakarta atau dengan langsung Agen Allianz di sekitar wilayah sahabat Satuters.  HP/WA : 08121218811