Categories
Berita Terbaru

Sandwich Generation Yang Kian Banyak Di Jumpai Saat Ini

Sandwich Generation Yang Kian Banyak Di Jumpai Saat Ini – Menjadi ‘sandwich generation’ sebenarnya bukan hal baru. Dari dulu pun angkatan-angkatan sebelum kita sudah banyak yang mengalami posisi ini. Namun, sekarang, saat kualitas kesehatan meningkat sehingga orang-orang tua lebih awet umur, maka ‘sandwich generation’ semakin besar.

Ini biasanya paling banyak dialami oleh pasangan usia 40 – 50 tahun dan dari pihak wanita. Bahkan, bisa jadi, di Indonesia lebih besar jumlahnya mengingat budaya merawat orang tua sangat tinggi (dibanding orang tua yang tinggal di panti jompo).

Mengenal sandwich generation

Sandwich generation adalah istilah bagi mereka yang berada diantara dua tanggung jawab besar yakni menanggung biaya hidup orang tua dan anak-anak sekaligus. Biasanya, dengan dua tanggung jawab tersebut, ada satu misi lain yang dikorbankan yaitu persiapan masa pensiun kita sendiri.

Tidak sedikit orang tua karena minimnya pengetahuan secara tidak sengaja menghantarkan anak-anaknya menjadi bagian dari sandwich generation. Data tahun 2008 menyebutkan di Amerika Serikat sendiri terdapat sekitar 20 juta orang yang masuk dalam generasi sandwich ini. Jika Amerika Serikat saja yang sudah memiliki tingkat kesejahteraan lebih tinggi, lalu bagaimana dengan Indonesia?

Sandwich Generation berlaku di usia berapa sih?

Sebenarnya sampai usia 60 tahun pun kamu masih bisa disebut sandwich generation jika anakmu yang telah berusia dewasa belum juga mandiri. Namun umumnya kondisi terjepit ini banyak dialami oleh mereka yang berusia 20-40-an di mana orangtua masih hidup dan anak masih di usia sekolah.

Carol Abaya, seorang ahli sandwich generation dari Amerika menjabarkan tiga kondisi yang membuat seseorang menjadi bagian dari sandwich generation.

  • Traditional : Mereka yang berada di antara orangtua lanjut usia yang membutuhkan perawatan maupun perhatian dan anak-anaknya sendiri.
  • Club sandwich : Mereka yang berusia 50-an atau 60-an dan berada di antara orangtua manula, anak dewasa, cucu, atau mereka yang berusia 30-an atau 40-an dengan anak remaja, orangtua manula, dan cucu.
  • Open Faced: Siapa saja yang harus menopang orangtua.

Setelah sahabat satuters mengetahui tentang Sandwich Generation Yang Kian Banyak Di Jumpai Saat Ini “. Pastikan sahabat satuters saat ini sudah terlindungi dengan asuransi yang layak . Untunk informasi seputar asuransi bisa di akses dari Agen Allianz Jakarta atau dengan langsung Agen Allianz di sekitar wilayah sahabat Satuters.  HP/WA : 08121218811