Categories
Berita Terbaru Info Agen Asuransi Kesehatan Makanan dan Gaya Hidup

Serai Si Rumput Keras Yang Memiliki Segudang Manfaat

Serai Si Rumput Keras Yang Memiliki Segudang Manfaat – Tumbuhan sejenis rerumputan yang berbentuk memanjang seperti rumput dengan kulit yang cukup keras. Banyak di gunakan sebagai bahan baku dapur untuk menyedapkan makanan yang di masak. Serai juga dikenal dengan nama lemon grass. Serai tidak memiliki rasa yang khas, namun mempunyai aroma harum yang mampu menyedapkan masakan.

Memang pada umumnya serai mempunyai aroma yang harum ketika dimemarkan. Serai berwarna kehijauan atau kadang-kadang berwarna kuning dengan daging serai berwarna putih. Serai dapat tumbuh di berbagai dataran sehingga tanaman serai termasuk dalam tanaman obat keluarga karena mudah ditanam bahkan di lingkungan rumah.

Tapi tahukah sahabat satuters, bahwa ada manfaat lain dari batang sereh? Yuk mari kita bahas satu persatu :

  1. Mengobati Anemia

Anemia merupakan penyakit yang ditandai dengan tubuh lemah, lesu dan nampak pucat. Batang serai disebut sebagai bahan alami yang ampuh mengatasi anemia karena mengandung banyak zat besi. Oleh karena itu, mengkonsumsi wedang batang ini secara teratur lebih ampuh mengatasi anemia dibandingkan dengan konsumsi obat kimia.

  1. Mengatasi Gangguan Syaraf

Kandungan minyak atsiri pada daun serai dipercaya mampu melemaskan saraf, mengatasi kejang-kejang, mengatasi vertigo, mengobati insomnia, dan membantu merangsang otak. Minyak atsiri juga mampu mencegah penyakit saraf seperti Alzheimer’s dan Parkinson. Agar saraf-saraf pada tubuh tidak mengalami stres yang berlebihan, sahabat satuters dapat mencampurkan daun serai pada air mandi yang digunakan.

  1. Mengobati Infeksi

Sebuah penelitian menunjukkan, bahwa daun serai memiliki kandungan zat anti mikroba dan anti bakteri. Senyawa tersebut bermanfaat untuk mengobati infeksi pada lambung, usus, saluran kemih, dan kulit.

  1. Menghaluskan Wajah

Jika sahabat satuters merupakan penggemar kosmetik berbahan alami, maka air rebusan daun serai ini bisa dijadikan sebagai toner. Daun serai memiliki kandungan astringent dan antiseptik yang membantu menghilangkan jerawat dan menghaluskan kulit wajah. Selain itu, daun serai juga dapat membantu mengecilkan pori-pori sehingga kulit wajah terhindar dari risiko terkena komedo dan blackhead yang merupakan cikal bakal jerawat pada wajah.

  1. Menurunkan berat badan

Manfaat mengkonsumsi air rebusan daun serai lainnya adalah kemampuan serai untuk melakukan detoksifikasi dan mengeluarkan lemak berlebih melalui BAB. Selain melancarkan sistem pencernaan, air rebusan daun serai juga dapat menurunkan berat badan secara alami, sehingga membuat bentuk tubuh terlihat lebih ideal.

Setelah sahabat satuters mengetahui tentang “Serai, Si Rumput Keras Yang Memiliki Segudang ManfaatApakah keluarga sahabat satuters saat ini sudah terlindungi dengan asuransi? Sudah cukupkah perlindungannya?

Untuk informasi seputar asuransi bisa sahabat satuters ikuti informasi dari Agen Allianz Jakarta atau dengan langsung Agen Allianz di sekitar wilayah anda.  HP/WA : 081212188110.