Categories
Berita Terbaru Kesehatan Makanan dan Gaya Hidup

Sering lembur? Inilah Resiko Penyakit Yang Mengintai Anda

Sering lembur? Inilah Resiko Penyakit Yang Mengintai Anda – Kebanyakan karyawan, jika pekerjaan dikantornya tidak selesai dan telah menumpuk, pasti memilih untuk lembur untuk dapat menyelesaikannya. Perasaan tidak tenang dan tanggung jawab bahkan demi uang tambahan yang di dapat menjadi faktor utama memilih lembur. Padahal masih ada waktu keesokan harinya untuk menyelesaikannya. Bukan berarti kamu harus terus menerus mengorbankan diri demi pekerjaan tersebut.

Sadar atau tidak, lembur telah membuat diri kamu tidak memiliki waktu untuk keluarga bahkan diri kamu sendiri. Kamu sering telat makan dan minum, kurang bergerak, apalagi memajakan diri. Kamu hanya memikirkan dan mengejar pekerjaan tersebut agar selesai.

Berikut ini ada beberapa hal yang akan membuat kamu menyesal akibat kerja lembur :

1. Sering Sakit Dan Ngedrop

Jika kamu sering lembur, kamu pasti setuju dengan ungkapan ini, bahwa kamu akan sering sakit dan badan gampang ngedrop. Rasa tidak nyaman dan nyeri dibagian otot, syaraf, sendi, tulang belakang tegang serta flu dan batuk. Jika dibiarkan akan meningkatkan resiko kematian.

Baca Juga : Dampak Insomnia Bagi Kesehatan bagi Tubuh dan Mental

2. Obesitas

Tidak dipungkiri, karyawan yang sering lembur, pasti akan mudah lapar dan mengkonsumsi cemilan dimalam hari hingga meningkatkan bobot berat badan yang semakin meningkat.

Kerja lembur juga dapat menurunkan kadar leptin dalam tubuh. leptin ini merupakan hormon yang berperan penting dalam mengontrol nafsu makan.

3. Depresi

Jam kerja yang berlebihan selama 11 jam bahkan lebih dari satu hari akan membuat kemampuan fisik tubuh dan kinerja otak semakin terkuras. Kenapa? hal ini dikarenakan waktu untuk beristirahat yang kurang dan jam juga semakin sedikit dari waktu normal. Batas normal orang bekerja adalah 7-8 jam perharinya.

4. Penyakit Jantung

Karywan yang sering lembur akan memiliki resiko terkena penyakit jantung dan stroke hingga 80 persen. Maka sebaiknya mulai dari sekarang kurangi waktu bekerja dan sediakan waktu untuk tubuhmu beristirahat.

5. Insomnia

Insomnia adalah gangguan tidur dimana penderitanya sulit untuk memulai tidur dan mempertahankan tidurnya walau ada kesempatan. Hal ini mengakibatkan badan terasa lelah dan kurang tidur di pagi harinya. Karena kebiasaaan inilah, seseorang jadi menahan kantuk atau tidak tidur malam hari.