Categories
Kesehatan Makanan dan Gaya Hidup

Sering Mabuk Perjalanan? Ternyata Ini Penyebabnya Dan Tips Pencegahannya

Sering Mabuk Perjalanan? Ternyata Ini Penyebabnya Dan Tips Pencegahannya – Perjalanan jauh saat melakukan liburan atau pulang kampung, sering membuat pengendara maupun penumpangnya mengalami mual dan mabuk, baik menggunakan kendaraan seperti mobil, bus, kereta api, kapal laut atau pesawat. Apalagi dengan rute yang berkelok-kelok dan jarak tempuh yang cukup lama.

Penyebab seseorang mabuk perjalanan

Tahukah sahabat satuters bahwa mabuk perjalanan disebabkan oleh sinyal campuran yang dikirim ke otak oleh mata dan telinga bagian dalam. Namun, kenyataannya saat kita berada di dalam kendaraan yang sedang melaju, tubuh tentunya berada pada posisi duduk atau diam di tempat, sedangkan mata dan telinga melihat ke sekitar selama perjalanan.

Inilah yang menyebabkan seseorang mengalami mabuk perjalanan karena penglihatan dan pendengaran sahabat satuters bergerak, akan tetapi nyatanya tubuh hanya bisa diam tidak bisa melakukan gerakan secara bebas.

Kemudian, bagi kamu yang tidak terbiasa dengan kondisi perjalanan jauh ini, otak akan mengirim sinyal ke tubuh. Thalamus adalah salah satu bagian otak yang kemudian mencari informasi apa yang salah dari dalam tubuh. Dan biasanya sering berakhir dengan kesimpulan bahwa tubuh sedang mengalami keracunan. Sehingga otak merespon untuk segera mengeluarkan racun dari dalam tubuh dengan memuntahkannya atau setidaknya mengirimkan sebuah sinyal dengan reaksi mual dan pusing.

Lalu apa saja yang dapat dilakukan agar perjalanan menjadi nyaman dan tidak mabuk? Berikut tipsnya :

Berpikir positif

Usahakan ketika kamu melakukan sebuah perjalanan jauh untuk selalu berpikir positif ya, yaitu yakinkan diri kalau tidak akan mabuk perjalanan. Jika sahabat satuters langsung berpikir negatif maka otomatis alam bawah sadar akan membuat perasaan menjadi kurang nyaman dan akhirnya benar-benar terjadi.

Makan yang cukup

Janganlah sekali-kali berangkat dalam keadaan perut masih kosong ataupun terlalu banyak makan. Sebab jika perut masih kosong maka akan menimbulkan masuk angin dan jika terlalu banyak makan juga dapat mengakibatkan mual dan muntah selama perjalanan.

Mendengarkan musik agar pikiran menjadi rileks

Melakukan perjalanan jauh sambil mendengar musik akan membuat pikiran menjadi rileks. Apalagi musik-musik yang diputar adalah musik kesukaan sahabat satuters.

Kurangi membaca buku dan melihat ponsel

Membaca buku dan melihat ponsel adalah kebiasaan yang sering dilakukan oleh setiap orang. Ya mungkin maksudnya agar tidak bosan selama perjalanan, tapi tanpa disadari hal inilah yang membuat seseorang mengalami mabuk perjalanan, sebab matanya dipaksa untuk fokus pada satu titik.

Coba untuk tidur

Agar sahabat satuters terhindar dari rasa mual saat melakukan perjalanan yaitu dengan tidur dengan posisi yang nyaman. Sebab jika posisi tidur tidak nyaman maka akan berpotensi kepala menjadi pusing. Dan sahabat satuters juga bisa membawa bantal leher untuk menyangga kepala saat tidur, sehingga menghindari kepala menjadi pusing dan otot leher tegang.

Setelah sahabat satuters mengetahui tentang “Sering Mabuk Perjalanan? Ternyata Ini Penyebabnya Dan Tips Pencegahannya. Apakah keluarga sahabat satuters saat ini sudah terlindungi dengan asuransi?.Untuk informasi seputar asuransi bisa sahabat satuters ikuti informasi dari Agen Allianz Jakarta atau dengan langsung Agen Allianz di sekitar wilayah sahabat satuters.  HP/WA : 081212188110