Categories
Berita Terbaru Kesehatan

Simbol Daur Ulang Pada Kemasan Plastik, Yuk Kenali Artinya

Simbol Daur Ulang Pada Kemasan Plastik, Yuk Kenali Artinya – Pernahkah sahabat satuters melihat simbol di kemasan plastik atau barang-barang yang terbuat dari plastik? Nah biasanya simbolnya berbentuk segitiga dan terdapat angka ditengahnya. Apakah sahabat satuters tahu arti simbol angka tersebut? Sebenarnya simbol-simbol tersebut memberitahukanmu bahwa barang plastik tersebut bersifat aman atau tidak.

Agar sahabat satuters kedepannya lebih cermat lagi dalam memilih mana yang aman dan tidak baik bagi kesehatan. berikut penjelasannya :

PET/PETE (Polyethylene Etilen Terephalate)

Simbol PET/PETE dengan angka 1 ditegahnya, biasanya terdapat pada plastik berwarna bening seperti botol mineral , botol jus dan jenis botol minuman lainnya. Botol ini digunakan hanya untuk sekali pakai lho sahabat satuters. Apabila jenis botol ini terkena air panas dan sering dipakai maka akan mengakibatkan lapisan polimer pada botol menjadi meleleh dan mengeluarkan zat karsinogenik penyebab kanker dalam jangka waktu panjang.

Apabila sering menghirup senyawa ini dapat mengakibatkan iritas pada kulit dan saluran pernapasan. Bagi wanita, akan mengalami gangguan menstruasi serta keguguran. Apabila terlahir pun, makan anak kemungkinan besar mengalami pertumbuhan yang sangat lambat hingga usia 12 bulan. Jadi selalu ingat bahwa simbol ini direkomendasikan Hanya Sekali Pakai.

HDPE (Polyethylene Etilen Terephalate)

Simbol HDPE dengan angka 2 ditengahnya. Karakteristik botol plastik dengan simbol HDPE yaitu bahannya Lebih Kuat Dan Keras, Buram, Serta Lebih Tahan Lama Terhadap Suhu Tinggi. Simbol HDPE ini merupakan salah satu bahan plastik yang aman untuk digunakan karena memiliki kemampuan dalam mencegah reaksi kimia. Simbol ini direkomendasikan hanya sekali pakai karena pelepasan senyawa antimoni trioksida terus meningkat seiring waktu. Jenis ini dipakai untuk botol soda, botol air, botol bir, wadah saus, botol obat kumur, dan selai kacang.

PVC atau V (Polyvinyl Chloride)

Simbol PVC atau V dengan angka 3 ditengahnya. Jenis simbol ini sangat berbahaya, apalagi jika digunakan untuk mengemas makanan dan minuman karena akan berpotensi membahayakan ginjal dan hati. bahan ini mengandung klorin yang dapat mengeluarkan klorin apabila dibakar. Ini biasanya ditemukan pada plastik pembungkus (clip wrap) dan botol lainnya. Jenis ini digunakan untuk panel, tikar, plastik pembungkus kabel, pipa plastik, pipa jendela dan lainnya. Karakter plastik ini bersifat tahan lama terhadap sinar matahari.

LDPE (Low Density Polyethylene)

Simbol LDPE dengan angka 4 ditengahnya. Jenis plastik ini berwarna cokelat (thermoplastic/dibuat dari minyak bumi). dan biasanya dipakai untuk tepat makanan, bahan plastik kemasan, botol yang lembek, pakaian, mebel dan lain-lain. Sifat plastik seperti ini kuat, tembus pandang, fleksibel dan permukaan agak berlemak, pada suhu 60 derajat sangat resisten terhadap reaksi kimia, daya proteksi terhadap uap air tergolong baik, dapat didaur ulang serta baik untuk barang-barang yang memerlukan fleksibelitas tapi kuat. Barang berbahan ini sangat sulit dihancurkan namun baik untuk digunakan untuk tempat penyimpana makanan karena sulit bereaksi secara kimiawi dan bahan ini dapat di daur ulang.

PP (Polypropylene)

Simbol PP dengan angka 5 ditengahnya.Ciri dari plastik dengan logo ini keras tetapi lentur. Selain itu, plastik berbahan PP merupakan plastik dengan kualitas terbaik. Pasalnya, bahan ini mempunyai ketahanan terhadap suhu tinggi. Jadi, supaya lebih aman, tempat makan atau botol minumanmu lebih baik terbuat dari plastik jenis PP, apalagi untuk botol minum bayi.

PS (Polystyrene) 

Simbol PS dengan angka 6 ditengahnya. Plastik jenis ini biasanya menjadi bahan dasar styrofoam. Banyak orang yang membungkus makanan dengan styrofoam, padahal wadah ini sangat berbahaya. Efek dari bahan ini bisa mengakibatkan gangguan otak. Selain itu, styrofoam juga sangat susah untuk didaur ulang.

Other atau O

Dan yang terakhir simbol plastik dengan kode angka 7 dan kode Other atau O. Other disini maksudnya adalah jenis plastik yang tidak termasuk kedalam klasifikasi enam kode sebelumnya (  PETE atau PET, HDPE atau PE-HD, PVC atau V, LDPE atau PE-LD, PP, dan PS).

Namun Bahan untuk jenis plastik 7 Other ini ada 4 macam, yaitu:
1. SAN,styrene acrylonitrile.
2. ABS,acrylonitrile butadiene styrene.
3. PC,polycarbonate.
4. Nylon.

Penggunaan jenis plastik ini untuk makanan atau minuman sangat berbahaya, karena bisa menghasilkan racun Bisphenol-A (BPA) yang bisa membuat kerusakan pada beberapa organ dan mengganggu hormon tubuh. Ironisnya, simbol ini biasa digunakan pada plastik untuk botol minum bayi, botol minum olahraga, iPod cases, dan Compact Disk (CD). Jadi baca terlebih dahulu sebelum membeli. namun ada simbol yang berbahan baik untuk digunakan yaitu SAN dan ABS.

Jadi sahabat satuters harus ingat simbol daur ulang yang aman untuk digunakan adalah 2, 4, 5 dan 7 (SAN atau ABS). dan berhati-hatilah dalam menggunakan plastik dengan kode 1, 3, 6 dan 7 (PC), sebab seluruhnya memiliki bahaya secara kimiawi.

Sumber : yuk kepotodayline,  Zeropromosi

Setelah sahabat satuters mengetahui tentang “Simbol Daur Ulang Pada Kemasan Plastik, Yuk Kenali Artinya“. Apakah keluarga sahabat satuters saat ini sudah terlindungi dengan asuransi? Untuk informasi seputar asuransi bisa sahabat satuters ikuti informasi dari Agen Allianz Jakarta atau dengan langsung Agen Allianz di sekitar wilayah sahabat satuters.  HP/WA : 081212188110