Share this post

Solusi Sandwich Generation Dengan Melakukan 3 fase Ini – Menjadi ‘sandwich generation’ sebenarnya bukan hal baru. Dari dulu pun angkatan-angkatan sebelum kita sudah banyak yang mengalami posisi ini. Namun, sekarang, saat kualitas kesehatan meningkat sehingga orang-orang tua lebih awet umur, maka ‘sandwich generation’ semakin besar.

Ini biasanya paling banyak dialami oleh pasangan usia 40 – 50 tahun dan dari pihak wanita. Bahkan, bisa jadi, di Indonesia lebih besar jumlahnya mengingat budaya merawat orang tua sangat tinggi (dibanding orang tua yang tinggal di panti jompo).

Solusi Bagi Sandwich Generation

Mereka yang termasuk dari sandwich generation perlu berdisiplin mengikuti 3 fase Ini :

  • Melakukan life cycle investment

Life cycle investment dan asuransi kesehatan menjadi solusi investasi bagi generasi sandwich untuk menghadapi risiko “mati terlalu cepat” dan “hidup terlalu lama.”.  Adapun life cycle investment adalah investasi berdasarkan pada fase hidup, yakni masa muda, masa menjelang pensiun, dan masa pensiun.

Diperkirakan berdasarkan data BPS dalam kurun waktu 10 tahun mendatang paling tidak ada sekitar 25 juta jiwa sandwich generation yang memasuki masa pensiun.  Kesadaran berasuransi dan berinvestasi semestinya melekat dalam benak generasi tersebut. Hal ini disebabkan tentu saja generasi ini tak ingin seperti generasi orang tuanya yang tidak dibekali dana asuransi kesehatan dan pensiun.

Pada fase growth, investor berusia muda sangat disarankan untuk banyak berinvestasi dalam saham. Menjelang usia pensiun, investor memasuki fase protection yang dapat dilakukan dengan memperbanyak alokasi pada obligasi negara yang memiliki risiko gagal bayar minimum.

  • Lindungi diri dan orangtua dengan asuransi

Orangtua mungkin udah punya tabungan pensiun yang cukup memadai, tapi tanpa asuransi bukan gak mungkin dana tersebut ludes seketika. Soalnya, usia yang gak lagi muda rentan banget terkena penyakit. Bolak balik rumah sakit tentu menguras dompet.

Oleh sebab itu, punya asuransi kesehatan jadi wajib hukumnya. Sediakan dana ini buat orangtua.

Sebagai tulang punggung keluarga, kamu juga perlu melindungi diri kamu sendiri dengan asuransi jiwa. Bila kelak terjadi hal gak terduga yang mengancam keselamatanmu, kebutuhan  keluarga tetap dapat terpenuhi dengan dana asuransi jiwa tersebut.

  • Memiliki tabungan rencana pendidikan anak

Berapa usia anakmu sekarang? Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mempersiapkan kebutuhan dana pendidikan anak hingga jenjang perguruan tinggi?

Selanjutnya, tentukan alokasi dana untuk investasi. Ingat, yang terpenting bukanlah seberapa besar dana yang diinvestasikan tetapi seberapa cepat kamu memulai. Karena orang yang memulai dengan Rp5 juta bisa menghasilkan jumlah yang lebih besar jika memulai dari 10 tahun sebelumnya daripada orang yang berinvestasi Rp20 juta tapi baru memulai.

Selanjutnya

Dengan dukungan program asuransi kesehatan yang memadai dan melakukan 3 fase life cycle investment dengan baik diharapkan dapat memutuskan mata rantai generasi sandwich bagi keturunan kita kelak. Pelajari juga bagaimana menyiapkan dana pensiun sebagai upaya mencicil masa depan dengan biaya hari ini.

Setelah sahabat satuters mengetahui tentang “Solusi Sandwich Generation Dengan Melakukan 3 fase Ini“. Apakah keluarga sahabat satuters saat ini sudah terlindungi dengan asuransi? Untuk informasi seputar asuransi bisa sahabat satuters ikuti informasi dari Agen Allianz Jakarta  atau dengan langsung Agen Allianz di sekitar wilayah sahabat satuters.  HP/WA : 081212188110.

Related Post

NOVEMBER 11, 2019

Sering Sakit Punggung? Segera...

Sering Sakit Punggung? Segera Lakukan Cara Sederhana Ini – Apakah Anda pernah...

0

NOVEMBER 10, 2019

Cara Menentukan Skala...

Cara Menentukan Skala Prioritas Perencanaan Keuangan Dengan Baik – Pernahkah Anda...

0

NOVEMBER 9, 2019

Umur Semakin Bertambah Namun...

Umur Semakin Bertambah Namun Uang Masih Pas-pasan – Mengatur keuangan adalah hal...

0

NOVEMBER 8, 2019

Mengenal Problematika...

Mengenal Problematika Kemapanan, Kamu Wajib Tahu! – Umumnya orang berpikir bahwa...

0

NOVEMBER 7, 2019

Polis Asuransi Ada Tapi Lupa...

Polis Asuransi Ada Tapi Lupa Manfaatnya, Ini Yang Harus Di Lakukan – Bagi sebagian...

0

NOVEMBER 6, 2019

Dana Darurat Telah Habis? Apa...

Dana Darurat Telah Habis? Apa Yang Harus Di Lakukan? – Akhirnya Anda menggunakan...

0
Call Now Button