Categories
Asuransi Penyakit Kritis Info Asuransi Kesehatan

Struktur Tulang Menjadi Rapuh Akibat Penyakit Osteogenesis Imperfecta

Struktur Tulang Menjadi Rapuh Akibat Penyakit Osteogenesis Imperfecta – Osteogenesis imperfecta (OI), juga disebut penyakit tulang rapuh, adalah sejenis gangguan struktur tulang. Orang yang menderita penyakit ini memiliki tulang yang mudah rusak, sering kali akibat trauma yang ringan atau tidak tampak.

Selain patah tulang, penderita OI terkadang memiliki kelemahan otot atau kelemahan sendi (sendi longgar), dan mereka sering kali memiliki kelainan tulang termasuk perawakan pendek, skoliosis (kelengkungan tulang belakang), dan pembungkukan tulang yang panjang.

Ada 4 tipe osteogenesis imperfecta yang banyak dikenal, ditandai dengan frekuensi keretakan dan keparahan kondisi.

  • OI Tipe I adalah bentuk kondisi yang paling ringan dan umum terjadi. Orang yang memiliki OI tipe I mengalami patah tulang selama masa kanak-kanak dan remaja sering kali dikarenakan oleh trauma minor.
  • OI Tipe II adalah bentuk OI yang paling parah. Bayi sering kali meninggal pada tahun pertama hidupnya.
  • OI Tipe III juga memiliki tanda-tanda dan gejala yang relatif parah. Bayi penderita OI tipe III memiliki tulang yang sangat rapuh yang bisa mulai mengalami retak sebelum kelahiran atau pada masa awal bayi.
  • OI Tipe IV mirip dengan tipe I. Penderita sering kali membutuhkan bantuan kawat gigi atau kruk untuk berjalan. Harapan hidup normal atau mendekati normal.

Beberapa tipe OI juga dikaitkan dengan gangguan pendengaran progresif, noda berwarna biru atau abu-abu pada bagian mata yang biasanya putih (sklera), masalah gigi (dentinogenesis imperfecta), kelengkungan abnormal dari tulang belakang (skoliosis), dan kelonggaran sendi. Orang yang memiliki kondisi ini bisa memiliki kelainan tulang yang lain dan seringkali bertubuh lebih pendek dari rata-rata.

Seberapa umumkah osteogenesis imperfecta (oi)?

Osteogenesis imperfecta mengenai pria dan wanita secara setimpal. Selain itu, OI juga terjadi pada kelompok ras dan etnis. Hal ini dapat dikendalikan dengan mengurangi faktor risiko Anda. Diskusikanlah dengan dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.

Tanda-tanda & gejala

Gejala umum dari osteogenesis imperfecta adalah tulang yang lemah dan rapuh, tuli, sklera biru, gigi lemah dan berubah warna, kelemahan otot, sendi longgar dan malformasi skeletal.

Asuransi Penyakit Kritis Flexi CI – Dalam hal ini Allianz memiliki kriteria tersendiri dalam mengklaim penyakit kritis yaitu Osteogenesis Imperfecta.

Osteogenesis Imperfecta

“Penyakit ini memiliki karakteristik tulang yang rapuh, osteoporosis dan mudah retak. Tertanggung harus di diagnosis mengidap Osteogenesis imperfecta Tipe III yang dipastikan dengan adanya semua kondisi di bawah ini :

  • Hasil pemeriksaan fisik tertanggung oleh dokter spesialis yang menunjukkan bahwa tertanggung menderita penghambatan pertumbuhan dan kerusakan daya pendengaran dan
  • Hasil studi X-ray menunjukkan beberapa tulang retak dan Kifoskoliosis progresif dan
  • Biopsi kulit dengan hasil positif.

Diagnosis Osteogenesis Imperfecta harus ditegakkan oleh spesialis yang disetujui oleh kami.”

Klik disini untuk melihat list Kondisi Penyakit Kritis Flexi CI (Rider) Plan Silver Allianz.

Untuk informasi lebih lanjut tentang gejala penyakit kritis lainnya bisa sahabat satuters ikuti informasi dari Agen Allianz Jakarta atau dengan langsung menghubungi Agen Allianz di sekitar wilayah sahabat satuters. HP/WA : 081212188110.