Categories
Berita Terbaru

Takut Berbicara di Depan Umum? Inilah Tips Paling Ampuh Cara Mengatasinya

Takut Berbiacara di Depan Umum – Apakah sahabat satuters salah satu orang yang takut berbicara ketika berada didepan umum? Semisalnya dalam rapat atau kegiatan yang ada diperusahaan. Memang, tidak semua orang memiliki kemampuan berbicara yang baik saat didepan umum, bahkan hal  ini tergolong sesuatu yang sangat menakutkan. Maka tidak heran jika banyak yang memilih untuk diam dibandingkan harus mengeluarkan pendapat atau kata-kata. Bahkan ada kalanya rasa ketakutan tersebut menyebabkan keluarnya keringat dingin hingga mengakibatkan kegugupan.

Lalu mengapa hal ini bisa terjadi? Apa penyebabnya? Berikut penyebab rasa ketakutan berbicara di depan umum beserta solusinya.

1. Lawan Rasa Malu,Takut, Grogi Dan Minder

Ketika seseorang merasakan ketakutan, grogi bahkan minder maka hal ini adalah wajar. Justru yang tidak wajar adalah ketika membiarkan perasaan tersebut menguasai hingga merusak presentasi.

Perasaan yang mucul karena adanya pikiran yang negatif dari dalam diri sendiri, terkadang seringkali merasa banyak kekurangan, tidak pintar, tidak pengalaman dan takut jika tidak  bisa (gagal) atau bisa jadi dikarenakan jumlah peserta yang terlalu banyak.

Lawan rasa malu tersebut dengan menganggap semua orang yang berada di depan kamu adalah teman kamu, jangan hiraukan tentang jabatan mereka jadi bicaralah sesuai konteks dan hal-hal yang ingin kamu sampaikan.

2. Berbicara Dengan Ciri Khas Gaya Sendiri

Mulailah untuk menunjukkan cara berbicara dengan gaya kamu sendiri. Jangan pernah  meniru gaya bicara orang lain karena kamu akan menjadi orang lain bukan menjadi kamu yang sebenarnya. Usahakan juga ketika berbicara bawa secara santai, sopan dan menyenangkan sehingga suasana menjadi hidup.

Baca Juga : Suka Menunda Pekerjaan? Ini Tips Ampuh Mengatasinya

Kiat Sukses Membangun Bisnis Bersama Teman

3. Lakukanlah Kontak Mata

Saat berbicara di depan umum sebaiknya lakukan kontak mata dengan hadirin yang bertaya dan ajak ia untuk berbicara. Jangan pernah melihat kebawah ataupun keatas langit-langit karena hal ini menunjukkan bahwa kamu tidak percaya diri.

Selain itu dengan melakukan kontak maka kamu telah mencerminkan bahwa kamu telah menghargai orang lain yang sedang diajak bicara dan merasakan kenyamanan.

4. Berdoa

Sebelum  memulai untuk berbicara didepan umum sebaiknya berdoa dulu, hal ini sangatlah penting karena akan membuat kamu merasa tenang dan akan memberikan pikiran postif  sehingga secara tidak sadar kamu akan berani untuk berbicara.

5. Persiapan Yang Matang

Lakukanlah persiapan ketika hendak menjadi pembicara ataupun presentasi. Gunakan peralatan pendukung yang diperlukan lalu latih diri sehari sebelum melakukan presentasi. Jadi apabila persiapan sudah sebaikmungkin maka kamu akan menguasai materi pula dan menimbulkan getaran positif dalam diri sendiri.