Categories
Berita Terbaru

Tanda Tubuh Kurang Tidur Yang Perlu Diwaspadai

Tanda Tubuh Kurang Tidur Yang Perlu Diwaspadai – Manusia menghabiskan sepertiga dari usianya untuk tidur. Tidur bukan saja karena kelelahan namun juga merupakan kebutuhan vital dan pola hidup. Tidur juga bermanfaat memperbaiki dan mempersiapkan tubuh untuk aktivitas hari esok.

Mengapa harus tidur?

Mekanisme tubuh akan memproduksi hormon-hormon saat kita tertidur, bekerja memperbaiki sel-sel tua, melepaskan hormon pertumbuhan agar sel sehat segera lahir. Sistem pertahanan tubuh terus diperbaharui saat kita tidur, agar siap bertempur melawan bakteri, jamur dan virus.

Perlukah tidur yang cukup?

Tidur merupakan siklus alami manusia, selain berfungsi mengumpulkan kembali energi otak dan tubuh, ada beberapa sel dan hormon yang hanya di produksi ketika kita tidur.

Dilansir dari sleep foundation, salah satu peran tidur adalah membantu manusia mengonsolidasi dan memperkuat daya ingat. Setelah seharian tubuh diajak aktif, otak menerima banyak informasi namun tidak tercatat secara langsung, perlu diproses dan disimpan dan itu terjadi saat manusia tertidur. Secara perlahan informasi di transfer dari memori jangka pendek yang lebih temporer ke memori jangka panjang yang lebih kuat.

Dampak tubuh yang kurang tidur

Terlihat sepele dan banyak diabaikan, namun nyatanya kurang tidur menjadi alasan kuat sejumlah persoalan kesehatan fisik dan psikis menerpa sepanjang waktu.

Mengabaikan tidur malam mengurangi kreativitas, kemampuan penyelesaian masalah, pengambilan keputusan, memori, ketenangan emosional dan bahkan rentang waktu usia anda.

Di lansir dari laman id.theasianparent.com, selain menyebabkan permasalahan kesehatan psikis, berikut adalah tanda fisik tubuh anda kurang tidur yang harus diwaspadai.

  1. Kulit

Dilaporkan situs kesehatan Web MD, penelitian menemukan relasi antara masalah kulit seperti timbulnya jerawat saat tubuh tidak cukup tidur, muncul kerutan halus di kulit akibat kurangnya hormon melatonin yang menghasilkan antioksidan alami yang hanya di produksi ketika tidur. Kurang tidur juga memengaruhi kelembapan alami kulit sehingga menjadi kering dan bersisik.

  1. Mata

Mata merah, bengkak, kantung mata dan lingkaran hitam ialah sejumlah tanda yang tampak di daerah sekitar mata saat tubuh tidak cukup tidur. Penelitian juga menyimpulkan seseorang yang kurang tidur cenderung memiliki lebih banyak kerutan, garis dan bengkak di daerah sekitar mata. Lantaran hormon yang berfungsi memperbaiki jaringan tidak bekerja secara maksimal.

  1. Berat Badan

Tubuh cendurung merasa lapar saat kurang tidur, saat merasa lapar, muncul keinginan untuk mengonsumsi berbagai makanan yang meningkatkan risiko obesitas. Hal ini juga terjadi akibat hormon yang berfungsi mengendalikan rasa lapar yakni ghrelin dan leptin hanya bekerja saat kita tidur.

Jangan abaikan kebutuhan tubuh untuk tidur. Tidur yang cukup sangat bermanfaat untk kesehatan, usahakan selalu tidur dan bangun tepat waktu setiap hari. Tidur cukup akan membantu tubuh dan otak berfungsi dengan baik.

Setelah sahabat satuters mengetahui tentang “Tanda Tubuh Kurang Tidur Yang Perlu Diwaspadai. Pastikan sahabat satuters saat ini sudah terlindungi dengan asuransi yang layak . Untuk informasi seputar asuransi bisa di akses dari Agen Allianz Jakarta atau dengan langsung Agen Allianz di sekitar wilayah sahabat Satuters.  HP/WA : 08121218811