Categories
Asuransi Penyakit Kritis Berita Terbaru Kesehatan

Tekanan Darah Tinggi, Cegah Penyakit Ini Sejak Dini, Dengan Cara Ini

Tekanan Darah Tinggi, Cegah Penyakit Ini Sejak Dini, Dengan Cara Ini – Hipertensi atau penyakit karena tekanan darah tinggi termasuk penyakit yang tidak menular, namun mudah menyerang siapa saja. Di antara pria dan wanita, menurut penelitian, wanita yang paling besar potensinya mengalami hipertensi.

Para peneliti menyebutkan usia delapan belas tahun ke atas yang mengalami hipertensi di Indonesia sebanyak 25,8%. Angka tersebut terbilang tinggi dan sebaiknya dihindari agar tidak mengalami peningkatan. Bagaimana caranya? Yaitu, dengan mencegah hipertensi sejak dini. Ada lima cara pencegahan hipertensi dini yang dapat Anda lakukan di bawah ini.

Batasi Konsumsi Garam

Maksud dari membatasi konsumsi garam bukan berarti Anda yang suka mengkonsumsi langsung garam. Batasi konsumsi garam adalah dengan membatasi mengkonsumsi olahan makanan yang dicampur dengan garam dan dominan dengan rasa asin. Kadar garam yang tinggi dapat mengganggu kelancaran dari aliran darah di dalam tubuh. Sehingga agar hipertensi tidak menyerang, sejak dini batasi konsumsi garam Anda.

Batasi Konsumsi Kafein

Senyawa kafein identik terkandung dalam minuman kopi. Senyawa kafein sendiri memiliki efek yang baik dan kurang baik. Tergantung dari kebiasaan Anda mengkonsumsi minuman berkafein. Guna mencegah hipertensi sejak dini, sebaiknya batasi konsumsi kafein. Senyawa kafein yang terlalu banyak masuk ke tubuh sama seperti kadar garam, mengganggu aliran darah. Sehingga menyebabkan hipertensi. Perlu diketahui jika senyawa kafein yang Anda konsumsi sudah berlebihan, maka tidak sekadar menyebabkan hipertensi, namun juga mengarah pada serangan jantung.

Mengontrol Porsi Makan Harian

Kegemukan yang mengarah pada obesitas juga dapat menyebabkan hipertensi. Pencegahan hipertensi sejak dini dapat Anda lakukan dengan mengontrol porsi makan harian. Sebab jika berat badan tidak terkontrol, maka timbunan lemak akan mengganggu jalannya aliran darah. Untuk itu, sebaiknya Anda mulai sekarang membatasi apa saja yang hendak di konsumsi. Atur pola makan Anda dengan memperhatikan antara porsi karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral.

Olahraga Teratur Menyehatkan Jantung

Cegahlah hipertensi sejak dini dengan cara yang sangat mudah. Dengan olahraga teratur, maka aliran darah akan lancar. Ketika aliran darah lancar, maka imbasnya juga terasa pada jantung yang lebih sehat. Olahraga melatih otot dan pergerakan aliran darah agar lebih lancar. Sehingga hipertensi tidak akan terjadi dan tubuh Anda selalu sehat setiap hari.

Hindari Merokok dan Konsumsi Minuman Beralkohol

Tanpa disadari oleh orang yang hobi melakukan, merokok dan mengkonsumsi minuman beralkohol memang tampak biasa-biasa saja. Namun, dampak negatifnya berlangsung perlahan demi perlahan. Salah satunya adalah hipertensi. Senyawa nikotin pada rokok dan senyawa alkohol jelas membuat tubuh semakin mengarah tidak sehat. Senyawa nikotin dan senyawa alkohol membuat aliran darah terganggu.

Terlebih senyawa nikotin yang semakin menumpuk pada dinding pembuluh darah. Bukan kebiasaan yang sehat ketika Anda merokok dan mengkonsumsi minuman beralkohol. Untuk itu, sejak dini sebelum terlambat cegah dan hindari kebiasaan merokok ataupun mengkonsumsi minuman beralkohol.

Sehat itu memang mudah, namun bukan berarti untuk diremehkan. Ketika Anda mengabaikan kesehatan, banyak risiko penyakit yang datang menyapa. Seperti penyakit hipertensi yang terbilang sebagai penyakit umum dan berbahaya. meskipun tidak menular, hipertensi akan mengarah pada penyakit-penyakit lainnya. Untuk itu, cegah sebelum terlambat dengan lima pencegahan hipertensi sejak dini seperti yang sudah disebutkan di atas.

sahabat satuters mengetahui tentang “Tekanan Darah Tinggi, Cegah Penyakit Ini Sejak Dini, Dengan Cara Ini”. Pastikan sahabat satuters saat ini sudah terlindungi dengan asuransi yang layak. 

Untuk informasi seputar asuransi bisa di akses dari Agen Allianz Jakarta atau dengan langsung Agen Allianz di sekitar wilayah sahabat Satuters.  HP/WA : 08121218811