Share this post

Tindakan Transplantasi Kornea, Akibat Jaringan Parut Pada Mata – Mata Anda memiliki beberapa lapisan. Kornea adalah bagian yang tembus cahaya, dengan bentuk cekung di lapisan terluar pada mata sahabat satuters. Kadang-kadang kornea bisa terkena penyakit, memengaruhi penglihatan sahabat satuters.

Ada banyak penyebab kornea bisa terserang penyakit. Tiga penyebab umum yang memerlukan operasi adalah keratoconus (di mana permukaan kornea menjadi berbentuk kerucut, menyebabkan penglihatan kabur), dekompensasi endothelial (di mana kornea bengkak dan kabur), dan tergores.

Apa Itu Transplantasi Kornea?

Transplantasi kornea adalah operasi yang digunakan untuk menghilangkan semua bagian kornea yang rusak dan menggantinya dengan jaringan kornea yang sehat dari mata pendonor yang sesuai.

Ketika penglihatan berkurang akibat gangguan kornea, seperti infeksi, cedera kornea, dan penyakit degeneratif, transplantasi atau cangkok kornea merupakan salah satu cara yang efektif untuk mengembalikan kesehatan penglihatan. Teknik transplantasi kornea yang umum digunakan sebelumnya, yaitu penetrating keratoplasty (PK).

Transplantasi kornea dilakukan apabila menderita penyakit mata seperti :

  • kornea yang menonjol keluar (keratoconus)
  • Fuchs’ dystrophy
  • penipisan kornea
  • kornea tergores, disebabkan infeksi atau cedera
  • kornea buram
  • kornea bengkak
  • kornea borok, termasuk disebabkan infeksi
  • komplikasi disebabkan operasi mata sebelumnya

Kebanyakan kornea yang digunakan dalam transplantasi kornea didapatkan dari pendonor yang sudah meninggal. Tidak seperti organ lain, seperti hati atau ginjal, orang yang memerlukan transplantasi kornea umumnya tidak perlu menunggu terlalu lama.

Ini karena banyak orang secara spesifik mengizinkan kornea mereka untuk didonorkan setelah mereka meninggal, kecuali jika mereka memiliki beberapa kondisi tertentu. Jadi ada cukup banyak kornea tersedia untuk transplantasi dibandingkan organ lain.

Kornea bisa tidak digunakan dari pendonor yang memiliki beberapa kondisi, seperti kondisi sistem saraf sentral tertentu, infeksi, operasi mata sebelumnya, atau penyakit mata, atau dari orang-orang yang meninggal karena sebab yang tidak diketahui.

Asuransi Penyakit Kritis Flexi CI, Plan Platinum (Early CI = 30 Kondisi) – Dalam hal ini Allianz memiliki kriteria tersendiri dalam Mengklaim Penyakit Kritis Yaitu Transplantasi Kornea.

Transplantasi Kornea

“Menerima transplantasi dari seluruh kornea akibat jaringan parut yang tidak dapat dipulihkan kembali yang menyebabkan berkurangnya ketajaman penglihatan yang tidak dapat disembuhkan dengan metode lain.”

Untuk informasi lebih lanjut tentang gejala penyakit kritis lainnya bisa sahabat satuters ikuti informasi dari Agen Allianz Jakarta atau dengan langsung menghubungi Agen Allianz di sekitar wilayah sahabat satuters. HP/WA : 081212188110.

Related Post

MAY 13, 2019

Penyakit Anemia Aplastik,...

Penyakit Anemia Aplastik, Menjadi Penyakit Yang Menakutkan di Dunia – Anemia...

0

MAY 12, 2019

Sistem Kekebalan Tubuh Yang...

Sistem Kekebalan Tubuh Yang Menyerang Hati, Hepatitis Autoimun Kronis Tahap Awal –...

0

MAY 11, 2019

Peradangan Pada Struktur...

Peradangan Pada Struktur Ginjal Akibat Penyakit Glomerulonefritis Kronis-...

0

MAY 10, 2019

Peradangan Kronis Pada Usus...

Peradangan Kronis Pada Usus Besar (Kolitis Ulseratif) – Kolitis Ulseratif adalah...

0

MAY 9, 2019

Peradangan Pada Usus (Crohn...

Peradangan Pada Usus (Crohn Kronis), Salah Satu Penyakit Langka – Penyakit Crohn...

0

MAY 8, 2019

Penyakit Langka Menyerang...

Penyakit Langka Menyerang Saraf Motoris (Bulbar Palsy Progressive) – Bulbar Palsy...

0