Categories
Kesehatan Makanan dan Gaya Hidup

Tips Aman Berbelanja Di Pasar Saat Pandemi Corona

Tips Aman Berbelanja Di Pasar Saat Pandemi Corona – Saat ini Indonesia tengah menghadapi pandemi virus corona, yang membuat banyak orang harus lebih ekstra menjaga kesehatan dirinya sendiri dan keluarga. Apalagi pemerintah menghimbau masyarakatnya untuk membatasi aktivitas di luar rumah.

Walaupun hanya sementara waktu, semua aktivitas berlangsung di dalam rumah, bahan makanan serta kebutuhan pokok lainnya harus tetap terpenuhi dengan baik. Hal inilah yang membuat tidak sedikit orang yang terpaksa harus ke luar rumah untuk melawan rasa takut akan virus corona untuk berbelanja bahan makanan dan kebutuhan lainnya di pasar atau supermarket.

Menurut penelitian, virus corona baru atau SARS-CoV-2 memiliki kemungkinan kecil untuk bisa menular lewat makanan. Meski begitu, virus corona baru tetap saja dapat bertahan hidup di permukaan, seperti plastik atau kardus, yang biasa digunakan sebagai pembungkus makanan, dan bukan tidak mungkin jika permukaan-permukaan ini telah tersentuh oleh orang yang terinfeksi Covid-19.

Lalu apa sajakah langkah-langkah yang harus dilakukan agar aman saat berbelanja? Berikut penjelasannya :

  1. Tetap jaga jarak

Sahabat satuters harus bisa menjaga jarak saat membeli kebutuhan makanan di pasar atau saat mengantri, berilah jarak setidaknya 2 meter dari pembeli lain.

  1. Hindari berjabat tangan

Ketika keluar rumah jangan pernah mau untuk berjabat tangan, berpelukan atau melakukan kontak fisik dengan orang lain saat berbelanja.

  1. Selalu pakai masker

Jangan lupa untuk memakai masker kain untuk menghindari penularan virus. Hindari menyentuh bagian depan dan dalam masker.

  1. Rajin mencuci tangan dengan air atau hand sanitizer

Pastikan untuk rajin membersihkan tangan kamu dengan air yang mengalir atau jika tidak ditemukan air maka dapat menggunakan hand sanitizer yang kamu bawa dari rumah. Apalagi setelah kamu menyentuh buah-buahan, sayuran, uang, gagang pintu, plastik atau keranjang belanja, dan lain-lain.

  1. Jangan menyentuh wajah

Hal yang sangat penting dan mungkin tidak kita sadari adalah jangan pernah sekali-kali, sahabat satuters menyentuh wajah dengan tangan yang masih kotor.

  1. Tinggalkan barang belanjaan sesampai di rumah

Setelah sahabat satuters kembali kerumah, maka langsung tinggalkan tas atau plastik belanjaan di luar ruangan dan segera cuci tangan kamu dengan sabun yang mengalir selama 20 detik.

Setelah sahabat satuters mengetahui tentang “Tips Aman Berbelanja Saat Pandemi Corona. Pastikan sahabat satuters saat ini sudah terlindungi dengan asuransi yang layak .Untuk informasi seputar asuransi bisa di akses dari Agen Allianz Jakarta atau dengan langsung Agen Allianz di sekitar wilayah sahabat Satuters.  HP/WA : 08121218811