Categories
Berita Terbaru Info Asuransi Tips Asuransi

Tips Mengatur Keuangan Setelah Bayi Lahir Agar Tidak Boros

Tips Mengatur Keuangan Setelah Bayi Lahir Agar Tidak Boros – Ketika bayi lahir tentunya bagi pasangan akan membawa banyak perubahan dalam keluarga. Salah satunya adalah mengubah anggaran rumah tangga. Pengeluaran keluarga pasti bertambah karena Anda harus membeli kebutuhan baik mulai dari popok, pakaian, box bayi, baby walker, mainan, dan lain-lain.

Menjalani tahun pertama setelah kelahiran buah hati akan banyak menyita waktu dan keuanganmu. Pertama, tentu saja kamu dan keluarga akan menyesuaikan jam biologis untuk selalu siap bangun tengah malam saat bayi menangis karena haus atau minta diganti popoknya. Kedua, isi dompetmu juga jadi punya pos-pos baru untuk memenuhi kebutuhan anak.

Sebelum masalah kurang tidur dan keuangan menjadi beban, lebih baik coba baca hingga tuntas tip mengatur keuangan di tahun pertama bayi lahir dari kami. Setidaknya, satu tugas besarmu nantinya sudah bisa terencana dengan baik. Yuk, simak!

  1. Fokus Pada Kebutuhan Bayi 

Ya, kebutuhan bayi bukan memenuhi keinginan kamu. Kesalahan banyak orangtua baru adalah mereka sering kali membeli semua barang yang mereka inginkan, hanya karena modelnya lucu atau konsep “siapa tahu nanti butuh”. Tapi, tidak melihat kembali kebutuhan pokok dari bayi. Pada dasarnya, kebutuhan bayi itu tidak rumit. Jadi, jangan bikin bujetmu meledak akibat membeli barang-barang yang kurang esensial di tahun pertama si bayi.

  1. Tak Perlu Membeli Semua Barang Baru

Pilih-pilih barang yang memang bisa kamu beli baru dan barang yang sekiranya bisa kamu minta dari keluarga yang sudah tidak terpakai seperti baby walkers atau stroller baby. Tenang saja, biasanya akan banyak hadiah yang akan kamu dapat dari keluarga, teman, dan rekan kantor. Bahkan, kalau bisa sejak awal, usulkan saja ide kamu mau dihadiahkan apa dari keluarga. Jadi, salah satu daftar kebutuhanmu bisa didapatkan dari hadiah mereka.

  1. Pikirkan Konsep: Beli, Pakai, Jual Kembali

Selalu ada cara untuk menyelesaikan setiap masalah. Bisa diperkirakan banyak sekali barang yang akan kamu beli atau miliki saat bayi baru lahir. Jaga baik-baik barang tersebut saat menggunakannya. Seiring pertumbuhan bayimu, jika barangnya sudah tidak terpakai, kamu bisa menjualnya dan uang yang didapat bisa kamu gunakan untuk membeli barang yang dibutuhkan kembali. Secara tak langsung, kamu melakukan “investasi”.

  1. Rencanakan Masa Depan

Kebutuhan terpenting buah hati bukan hanya yang ia bisa dapatkan saat ini. Persiapan untuk masa depan buah hati tentu saja beragam. Tapi, tujuannya tentu untuk menjaga kestabilan keuangan keluarga hingga masa depan. Pertimbangkan sejak dini untuk memiliki dana pensiun, tabungan pendidikan, juga yang terpenting asuransi jiwa dan kesehatan untuk kamu dan keluarga.

Semoga tip mengatur keuangan di tahun pertama bayi lahir dari kami, bisa membantu kamu untuk menjaga kestabilan keuangan keluarga. Jadi, kamu dan keluarga bisa menghabiskan family time dengan tenang dan bahagia.

Setelah sahabat satuters mengetahui tentang “Tips Mengatur Keuangan Setelah Bayi Lahir Agar Tidak Boros“. Apakah keluarga sahabat satuters saat ini sudah terlindungi dengan asuransi? Untuk informasi seputar asuransi bisa sahabat satuters ikuti informasi dari Agen Allianz Jakarta atau dengan langsung Agen Allianz di sekitar wilayah sahabat satuters.  HP/WA : 081212188110