Categories
Berita Terbaru Kesehatan Makanan dan Gaya Hidup

Mengendalikan Emosi

Mengendalikan Emosi – Setiap manusia tidak pernah terlepas dari yang namanya amarah. Kemarahan yang tidak dapat dikendalikan akan berdampak buruk terhadap kualitas pribadi dan sosial seseorang.  Meskipun ada sebagian orang yang jarang marah akan tetapi nanti ada suatu hal yang akan membuat dirinya marah besar. Maka  dari itu sahabat satuters juga harus perlu tahu apa saja sih tips persiapannya.

Berikut saya akan berikan beberapa cara praktis, cepat dan sederhana untuk mengatasi  bahkan mencegah agar perasaan marah yang meluap keluar dan tidak sampai melukai hati banyak orang.

1. Tersenyum

Ketika sahabat satuters sedang  marah, cobalah untuk tersenyum, sejelek apapun senyuman sahabat pada saat marah akan membuat perubahanan pada perasaan  dan emosi yang bergejolak.  Emosi  yang terjadi akan menjadi lebih positif saat sahabat satuters tersenyum.

2. Ingat Dampak Negatif

Apabila seseorang marah akan mengalami emosi  yang meluap dan tak sadar diri. Jika ini sudah terjadi, maka akan muncul keinginan untuk memaki, berteriak, bahkan memukul dan akhirnya menyesal. Agar kita terhidar dari keadaan seperti ini maka ingatlah dampak negatif apa yang akan terjadi apabila kita melakukan hal buruk tersebut.

3. Maafkan dan Lupakan

Jangan pernah coba mengingat-ingat masalah lama sehingga emosi pun meluap lagi. Mulai saat ini, maafkanlah mereka yang telah membuat masalah kepada kamu. Lupakan dan maafkanlah mereka. Fokuslah pada hal-hal yang berdapak positif pada kehidupan sahabat satuters. Cara ini adalah cara yang paling efektif dalam menghilangkan emosi.

Baca Juga : Tips Jitu Agar Pekerjaanmu Tidak Menjadi Beban

Tips Sederhana Agar Sehat dan Bugar Saat Bekerja

4. Berolahraga

Mungkin sahabat satuters banyak yang belum tahu, dengan berolahraga seperti lari, jalan  kaki, berenang dan lainnya dapat meredakan emosi. Karena dengan berolahraga tubuh dapat menstimulasi zat-zat kimia didalam otak yang membuat sahabat satuters lebih  rileks dan bahagia. Selain itu berolah raga akan menambah energi positif sehingga melenturkan syaraf yang tegang.

5. Cobalah Untuk Diam

Ketika seseorang sedang marah dan langsung berbicara maka yang akan terjadi adalah seseorang tersebut akan mengeluarkan kata-kata yang lepas kontrol dan parahnya kata-kata yang lepas kontrol tersebut bisa membuat emosi semakin memuncak lagi. Jadi alangkah baiknya untuk tetap diam dan berikan otak lebih banyak waktu untuk berfikir.