Categories
Berita Terbaru Info Asuransi Kesehatan Makanan dan Gaya Hidup

Tips Menjaga Kesehatan Dan Keselamatan Saat Banjir Melanda

Tips Menjaga Kesehatan Dan Keselamatan Saat Banjir Melanda – Beberapa waktu belakangan ini, Indonesia sedang mengalami musim hujan yang dirasakan hampir setiap hari, bahkan pada beberapa wilayah tertentu seperti jabodetabek, menyebabkan terjadinya banjir dalam waktu yang lama.

Beberapa ruas jalan juga dilaporkan lumpuh. Begitu pun dengan perjalanan KRL yang alami gangguan karena beberapa rute yang dilalui tergenang air. Banjir juga menewaskan beberapa korban jiwa.

Dalam kondisi seperti ini, segala kemungkinan bisa terjadi. Mulai dari meningkatnya risiko terkena penyakit, hingga berbagai hal yang bisa mengancam keselamatan jiwa, salah satunya tersengat listrik.

Oleh sebab itu, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan agar tetap sehat dan selamat saat banjir melanda. Berikut 6 tips menjaga diri dan kesehatan saat banjir tiba.

  1. Amankan barang-barang ketempat yang lebih tinggi

Pindahkan barang-barang penting yang bisa dipindahkan ke tempat yang lebih aman. Misal, ke atas lemari, ke atas meja makan atau jika Anda memiliki rumah berlantai dua, sebaiknya pindahkan barang berharga ke lantai dua rumah Anda. Hal ini untuk menghindari barang-barang yang Anda miliki rusak atau terbawa banjir.

  1. Simpan Surat-surat Berharga dengan Aman

Jangan lupa untuk menyimpan surat-surat berharga ke tempat yang aman. Simpan sertifikat tanah, rumah, ijazah, akte, rapor dan lainnya ke dalam plastik atau tempat yang kedap air. Lalu Anda bisa simpan di bagain paling tinggi, misal di atas lemari.

  1. Tetap jaga kebersihan

Air banjir mengandung berbagai bakteri dan virus yang bisa menyebabkan segala macam penyakit. Oleh sebab itu, sebisa mungkin anda harus menghindari aktivitas di genangan air. Jika air mulai surut, anda bisa segera membersihkan lantai menggunakan cairan anti kuman.

Bersihkan juga mobil, motor, dan barang-barang lainnya untuk mencegah pertumbuhan bakteri, virus, jamur, dan zat lain yang dapat menyebabkan penyakit menular. Kenakan sepatu bot dan sarung tangan saat membersihkannya, serta jangan lupa perbanyak mencuci tangan dengan sabun dan air yang telah didesinfeksi.

  1. Perhatikan makanan yang dikonsumsi

Pascabanjir, makanan dan minuman mungkin akan terkontaminasi. Untuk sementara, ada baiknya Anda meminum air kemasan botol, atau minum air bersih yang telah direbus hingga matang. Konsumsi pula makanan-makanan sehat, serta pastikan tidak membeli makanan sembarangan.

  1. Hindari area bertegangan listrik

Saat banjir, kamu juga patut memperhatikan area yang dilewati. Terutama jangan menyentuh kabel atau benda-benda yang berpotensi memiliki tegangan listrik, termasuk menyalakan listrik saat rumah masih terendam air.

  1. Basmi nyamuk

Banjir menjadi momen terbaik bagi para nyamuk untuk berkembang biak. Mereka akan tumbuh subur dan meningkatkan ancaman penyakit demam berdarah atau bahkan virus West Nile. Oleh sebab itu, Anda harus memperhatikan lingkungan sekitar, dan membersihkan genangan-genangan air sisa banjir yang ada di halaman rumah.

  1. Siapkan Asuransi

Jika Anda sudah mengetahui bahwa tempat tinggal Anda adalah rawan terhadap banjir, maka siapkan asuransi untuk perlindungan keluarga Anda. Beberapa asuransi yang harus Anda siapkan sebelum banjir datang lagi.

Setelah sahabat satuters mengetahui tentang “Tips Menjaga Kesehatan Dan Keselamatan Saat Banjir Melanda“. Apakah keluarga sahabat satuters saat ini sudah terlindungi dengan asuransi?.Untuk informasi seputar asuransi bisa sahabat satuters ikuti informasi dari Agen Allianz Jakarta atau dengan langsung Agen Allianz di sekitar wilayah sahabat satuters.  HP/WA : 081212188110