Categories
Info Asuransi

Tips Mudah Memilih Asuransi Kesehatan Paling Tepat

Sebagai seorang karyawan, Anda harus memiliki asuransi kesehatan karena biaya pengobatan setiap hari semakin mahal dan penyakit akan menghampiri Anda kapan pun. Asuransi kesehatan dapat memberikan Anda jaminan keamanan keuangan ketika Anda sedang sakit atau kecelakaan. Biaya pengobatan Anda akan ditanggung oleh perusahaan asuransi yang sudah tertera dalam polis asuransi.

Tips Memilih Produk Asuransi Kesehatan

Semakin banyak produk asuransi pasti membuat Anda bingung harus memilih produk yang mana. Berikut ini adalah tips untuk memilih asuransi kesehatan yang tepat:

  • Memahami produk asuransi kesehatan

Terdapat dua jenis produk asuransi kesehatan yakni hospital cash plan dan hospital benefit. Asuransi dengan jenis hospital benefit akan mengganti biaya dengan rinci dari berbagai jenis biaya yang sudah Anda keluarkan ketika berobat di rumah sakit. Hospital benefit menggunakan sistem klaim yang disebut dengan non-reimbursement dan cashless. Cara pembayarannya dilakukan menggunakan kartu asuransi kesehatan. Sedangkan hospital cash plan merupakan jenis asuransi yang mengganti jumlah tertentu yang telah disepakati di kontrak awal. Contohnya adalah biaya pengobatan Rp 600.000 per hari saat Anda dirawat di rumah sakit tanpa mempedulikan berapa biaya sebenarnya yang harus Anda keluarkan. Sistem klaim yang digunakan adalah reimbursement yakni Anda harus membayar biaya pengobatan lebih dulu dan kemudian akan diganti oleh pihak perusahaan asuransi setelah Anda mengisi formulir untuk mengajukan reimbursement.

  • Menyesuaikan dengan keperluan Anda

Banyaknya produk asuransi membuat Anda bingung. Langkah yang paling tepat adalah memilih asuransi yang sesuai dengan keperluan Anda. Anda harus memahami riwayat kesehatan dan keperluan Anda. Pilihlah produk asuransi yang dapat meringankan biaya pengobatan Anda. Anda bisa menulis daftar apa saja yang Anda perlukan dan berapa anggaran yang Anda punya. Misalnya Anda mengumpulkan data biaya pengobatan di rumah sakit. Jika Anda sudah mempunyai semua datanya, maka Anda bisa mencari asuransi yang paling sesuai dengan keperluan Anda.

  • Mengetahui manfaat asuransi

Anda harus tahu keuntungan apa yang akan Anda peroleh sebelum memilih asuransi. Contohnya manfaat berupa dana yang selalu tersedia jika Anda memerlukan pengobatan sehingga Anda tidak perlu memikirkan biaya kesehatan lagi. Manfaat lain adalah cara klaim yang mudah yakni dengan menunjukkan kuitansi pembayaran dan perusahaan akan langsung membayar biaya pengobatan Anda. Selain itu, Anda bisa mengatur keuangan dengan lebih baik karena setiap bulan Anda harus membayar premi.

  • Mengetahui rumah sakit yang memberlakukan asuransi tersebut

Anda harus tahu rumah sakit mana saja yang bisa menerima klaim asuransi. Pilihlah perusahaan asuransi yang bisa menerima klaim semua rumah sakit atau rumah sakit yang mudah dijangkau dari rumah Anda. Anda juga harus tahu tentang rumah sakit mana yang bekerja sama dengan perusahaan tersebut serta perawatan apa saja yang tersedia dalam rumah sakit tersebut.

Baca juga : Aneka Produk Asuransi Kesehatan Allianz

Produk Asuransi Kesehatan dari Allianz

Asuransi kesehatan yang dimiliki oleh Allianz fokus untuk melindungi kesehatan sesorang dengan cara menanggung semua biaya perawatan dan pengobatan. Asuransi kesehatan yang dimiliki oleh perusahaan ini adalah Smart Health, AlliSya Care, dan Smart Health Maxi Violet. Ketiga produk tersebut mempunyai fasilitas dan keunggulan yang berbeda-beda. Asuransi ini bisa membantu perusahaan supaya dapat memberikan jaminan kesehatan bagi semua karyawan. Ada juga asuransi yang berbasis prinsip syariah sehingga Anda bisa tenang menggunakan asuransi tersebut. Produk asuransi ini mempunyai kerja sama dengan banyak rumah sakit yang ada di Indonesia.