Share this post

Underwriting Dalam Dunia Asuransi Ternyata Sangatlah Penting Lho – Dalam dunia asuransi, seringkali muncul istilah Underwriting. Memang tak semua orang familiar dengan istilah ini. Namun, sederhananya underwriting adalah proses identifikasi dan seleksi resiko. Saat mengajukan asuransi, calon tertanggung akan terlebih dahulu melalui proses underwriting sebelum akhirnya mereka dibebankan premi dengan jumlah tertentu.

Selama proses underwriting, hal yang pertama kali dilakukan adalah identifikasi resiko terhadap calon tertanggung oleh underwriterUnderwriter merupakan sebutan bagi personil perusahaan asuransi yang bertanggung jawab untuk mengevaluasi resiko calon tertanggung.

Adapun faktor-faktor yang bisa ditinjau oleh underwriter dalam proses identifikasi resiko adalah faktor kesehatan, pekerjaan, gaya hidup, hobi, dan juga lokasi tempat tinggal.

Setelah identifikasi resiko selesai dilakukan, barulah underwriter bisa mengelompokan calon tertanggung ke dalam kategori resiko yang sesuai. Ada empat kategori resiko dalam asuransi, yaitu: declined risk, substandard risk, standard risk, dan preferred risk. Semakin tinggi resiko ( substandard risk ), semakin besar pula premi yang dibebankan kepada calon tertanggung. Bahkan untuk resiko yang paling tinggi (declined risk), perusahan Asuransi tidak dapat menerima resiko tersebut. Sementara, calon tertanggung dengan resiko terendah (preferred risk) akan mendapat premi yang relatif lebih murah, namun pada prakteknya biasanya premi disamakan dengan yang standard risk.

Meski underwriting seringkali dianggap menyulitkan calon tertanggung, namun tindakan ini dilakukan demi tercapainya banyak tujuan. Salah satunya adalah agar calon tertanggung mendapatkan beban premi yang sesuai dengan resiko yang dimiliki. Sehingga, tercipta keadilan dalam pembebanan premi.

Pada dasarnya tugas para Underwriter tersebut adalah melakukan evaluasi dan identifikasi resiko dari calon tertanggung dan calon nasabah dari faktor kesehatan, pekerjaan, gaya hidup, hobi, lokasi tempat tinggal, dan juga moral hazard (niat yang kurang baik).

Setelah sahabat satuters mengetahui tentang “Underwriting Dalam Dunia Asuransi Ternyata Sangatlah Penting Lho“. Apakah keluarga sahabat satuters saat ini sudah terlindungi dengan asuransi? Untuk informasi seputar asuransi bisa sahabat satuters ikuti informasi dari Agen Allianz Jakarta atau dengan langsung Agen Allianz di sekitar wilayah sahabat satuters.  HP/WA : 081212188110

Related Post

DECEMBER 2, 2019

Persiapkan Masa Depan Mu...

Persiapkan Masa Depan Mu dengan Perlindungan Masa Kini – Bagi kamu yang sudah mulai...

0

DECEMBER 1, 2019

Utamakan Asuransi Jiwa atau...

Utamakan Asuransi Jiwa atau Asuransi Kesehatan? – Sahabat satuters pernah merasa...

0

NOVEMBER 30, 2019

Lindungi Segera Aset Anda...

Lindungi Segera Aset Anda Dengan Asuransi Property Allianz – Perlindungan aset...

0

NOVEMBER 29, 2019

Manfaat dan Efek Samping Kopi...

Manfaat dan Efek Samping Kopi Jika Di Konsumsi Setiap Hari – Apakah sahabat...

0

NOVEMBER 28, 2019

Penyakit Dermatitis Pada...

Penyakit Dermatitis Pada Bayi, Serta Cara Mengobatinya – Penyakit dermatitis atau...

0

NOVEMBER 27, 2019

Mitos Mengenai Cacar Air,...

Mitos Mengenai Cacar Air, Yang Beredar Di Indonesia – Sahabat satuters, pernahkah...

0
Call Now Button