Categories
Berita Terbaru Info Asuransi Kesehatan

Waspada Penyakit Hipotermia Akibat Suhu Badan Yang Kedinginan

Waspada Penyakit Hipotermia Akibat Suhu Badan Yang Kedinginan – Anda pernah menonton film Titanic? Jika iya, apakah Anda ingat sebuah adegan tokoh pria yang diperankan oleh Leonardo Di Caprio meninggal setelah kedinginan di laut yang bersuhu dingin?

Di dalam peristiwa nyata tenggelamnya kapal ini, banyak korbannya yang meninggal karena kedinginan. Hal ini disebabkan karena mereka harus berenang di laut yang suhunya mencapai minus 2 derajat celsius, kondisi ini disebut dengan hipotermia.

Nah.. saat musim banjir seperti ini pun bisa saja terjadi pada tubuh seseorang akibat kedinginan yang di alaminya.

Pengertian Hipotermia

Hipotermia merupakan kondisi saat temperatur tubuh menurun drastis di bawah suhu normal yang dibutuhkan oleh metabolisme dan fungsi tubuh, yaitu di bawah 35 derajat Celsius. Kondisi ini harus mendapatkan penanganan segera, karena dapat menyebabkan gangguan pada sistem saraf dan fungsi organ lain dalam tubuh. Selain itu, kondisi ini juga dapat berujung pada kegagalan sistem pernapasan, sistem sirkulasi (jantung), dan kematian.

Penyebab Hipotermia

Penyebab umum hipotermia adalah paparan suhu dingin atau air dingin dalam waktu yang lama tanpa perlindungan yang cukup, misalnya akibat:

  1. Berada terlalu lama di tempat dingin.
  2. Jatuh ke kolam air dingin dalam waktu lama.
  3. Mengenakan pakaian yang basah untuk waktu cukup lama.
  4. Suhu pendingin ruangan yang terlalu rendah, terutama pada bayi dan lansia.
  5. Tidak mengenakan pakaian yang tepat saat mendaki gunung.

Pencegahan Hipotermia

Beberapa upaya pencegahan hipotermia, antara lain:

  1. Berpakaian yang tepat saat musim dingin.
  2. Ganti baju basah dengan baju kering sesegera mungkin.
  3. Keluar dari air dingin secepatnya.
  4. Konsumsi kalori dan cairan yang cukup.
  5. Melakukan pengawasan lebih pada lansia dan anak kecil.

Setelah sahabat satuters mengetahui tentang “Waspada Penyakit Hipotermia Akibat Suhu Badan Yang Kedinginan“. Apakah keluarga sahabat satuters saat ini sudah terlindungi dengan asuransi?.Untuk informasi seputar asuransi bisa sahabat satuters ikuti informasi dari Agen Allianz Jakarta atau dengan langsung Agen Allianz di sekitar wilayah sahabat satuters.  HP/WA : 081212188110